oleh

Gardu Induk Tebing Tinggi Tak Difungsikan

Terganjal 68 Tapak Tower

LINGGAU POS ONLINE, EMPAT LAWANG – Gardu Induk (GI) di Kabupaten Empat Lawang belum difungsikan. Padahal GI berada di Kelurahan Kelumpang Jaya, Kecamatan Tebing Tinggi, diharapkan dapat menyuplai listrik bagi Kabupaten Empat Lawang.

Apa pasalnya? Ternyata ini terkendala tapak tower di wilayah Kabupaten Musi Rawas. Hal ini diakui oleh Kepala PLN Rayon Tebing Tinggi, Hendri, Senin (1/11).

Hendri mengatakan, GI ini bukan urusan PLN pihaknya, hal tersebut ada bidang lain yang menanganinya. Namun secara garis besar kendalanya tapak tower sampai sekarang belum terselesaikan.

“Ada 120 titik tapak tower yang harus dibebaskan dari total tersebut, masih ada 68 titik belum terselesaikan. Tapak tower itu sendiri masuk dalam wilayah Kabupaten Musi Rawas,” ungkap Hendri.

Kendala ini kata Hendri, sudah diketahui oleh Bupati Empat Lawang, bahkan untuk pembebasan lahan di wilayah Empat Lawang sendiri sudah tidak ada masalah lagi tinggal wilayah tetangga, namun apabila semua tapak tower sudah dibebaskan maka GI Tebing Tinggi bisa difungsikan.

“Apinya kemungkinan ambil dari GI Lubuklinggau, kalau GI kita ini sudah berfungsi jelas sudah tidak ada kendala listrik di wilayah Empat Lawang,” ujarnya.

Masih kata Hendri, bukan hanya tidak ada kendala lagi bahkan sudah bisa menyuplai listrik keluar Kabupaten Empat Lawang seperti wilayah Kecamatan Kikim, Kabupaten Lahat.

“GI kita ini sudah cukup memenuhi kebutuhan listrik di Empat Lawang bahkan lebih,” tegasnya. (04)

Komentar

Rekomendasi Berita