oleh

Gara-gara Tidak Punya Listrik, Rumah Warga Lubuklinggau Terbakar

LINGGAUPOS.CO.ID – Rumah milik Herman (47) warga RT.7 Kelurahan Lubuk Tanjung, Kecamatan Lubuklinggau Barat I, Kamis (23/7/2020) sekitar pukul 19.30 WIB terbakar. Penyebabnya belum bisa dipastikan, jika diperkirakan karena korsleting listrik rasanya tidak mungkin, karena rumahnya tidak ada listrik.

Istri Herman, Sudiyarmi menjelaskan saat kejadian mereka sekeluarga tidak berada di rumah, karena sedang bertandang ke rumah orang tuanya di depan, saat kejadian ia mendapat kabar dari tetangganya.

“Saya semalam mendapat kabar rumah saya terbakar dari tetangga yang berlari memberi tahu, saya kira apa ternyata rumah saya terbakar,” katanya Jumat (24/7/2020).

Ia menceritakan, sebelum kejadian memang rumah dalam keadaan kosong. Karena semua keluarganya baik suaminya dan anak-anaknya pergi ke rumah orang tuanya untuk menumpang masak.

“Kami biasa masak dan mencuci di sana karena tidak punya listrik. Sementara rumah semalam dalam keadaan kosong,” ujarnya.

Ia menuturkan, dalam peristiwa itu
tidak ada korban jiwa, hanya saja akibat kejadian ini ia mengalami kerugian belasan juta rupiah. Karena kelambu, kasur, pakaian, dan bagian atap kamar rumahnya terbakar.

Ia pun menduga  jika api tersebut berasal dari korek api yang menyambar kelambu, namun itu hanya dugaan saja mengingat rumahnya tidak ada saluran listrik dua tahun terakhir.

“Rumah saya tidak ada listrik, kalau malem guna penerangan saya menggunakan senter ponsel dan kalau masak nasi masaknya di rumah orang tua, makan di sana,” ungkapnya.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Dan Penanggulangan Bencana (DPKPB) Kota Lubuklinggau, Luthfi Ishak dalam rilisnya, dalam pemadaman semalam pihaknya menurunkan empat armada pemadam kebakaran.

“Untuk kerugian belum diketahui tapi tindakan yang diambil melakukan pemadam api secara menyeluruh, melakukan proses pendinginan dan melakukan penyisiran lokasi untuk memastikan keamanan,” terangnya.

Ia pun meminta masyarakat Kota Lubuklinggau sebelum meninggalkan rumah untuk memeriksa dan memastikan listrik dan api di dapur dalam keadaan mati itu untuk menghindari hal-hal tak diinginkan.(*)

Rekomendasi Berita