oleh

Gara-gara Bakar Sampah, Pipa Jargas Terbakar

LINGGAU POS ONLINE – Kejadian kebakaran pipa jaringan gas (Jargas), diduga akibat pembakaran sampah warga kembali terjadi, Sabtu (14/9/2019).

Informasi dihimpun, terjadi di Jalan Tower RT.4 Kelurahan Gunung Ibul, Kecamatan Prabumulih Timur terjadi sekitar pukul 09.30 WIB.

Cukup membuat heboh warga sekitar, apalagi api cukup membesar akibat terbakarnya jalur pipa jargas tersebut.

Tak lama, mendapat laporan warga. Petugas PBK dan mobil Damkar, bergerak cepat mendatangi TKP. Untuk melakukan pemadaman api, sehingga tidak menyebar kemana-mana.

Kabid Damkar dan Penyelamatan, Sriyono SH membenarkan, adanya kebakaran pipa gas tersebut ketika dikonfirmasi.

“Kejadian jam 9.30 pagi. Pipa terbakar, diduga terkena pembakaran sampah warga,” katanya.

Masih kata dia, petugasnya  bergerak cepat untuk melakukan penanganan. Hingga akhirnya, api bisa dipadamkan dan kebakaran lainnya bisa dicegah.

“Sudah kami lakukan pendinginan, api bisa dikuasai,” terangnya.

Kapolres Prabumulih, AKBP Tito Travolta Hutauruk SIk MH melalui Kapolsek Prabumulih Timur, AKP Alhadi Alamsyah SH didampingi Kanit Reskrim, Ipda Hendra Jaya dikonfirmasi tidak menampik kejadian tersebut.

“Begitu dapat laporan, anggota langsung ke sana. Untuk mengamankan TKP, dan meminta keterangan sejumlah saksi untuk mengetahui penyebabnya,” jelasnya.

Api sendiri, akunya telah dipadamkan petugas PBK bersama pihak PD Petro Prabu. “Sudah padam, lokasi kebakaran sudah kita pasangan police line. Penyebabnya dugaan sementara karena pembakaran sampah dekat jalur pipa,” bebernya.

Terpisah, Direktur Utama (Dirut) PD Petro Prabu, H Azhari H Harun juga membenarkan, kalau kebakaran tersebut disebabkan dugaan masyarakat membakar sampah.

“Tadi laporan dari petugas, ada kebakaran jalur gas kota di Jalan Tower Kelurahan Gunung Ibul dibelakang Santa Maria. Sudah kita terjunkan petugas, untuk mengatasinya. Dan, api sudah padam,” ucapnya.

Sambungnya, sudah 5 kasus pipa jargas terbakar akibat pembakaran sampah warga. Karenanya, ia mengimbau, untuk tidak membakar sampah jalur pipa gas.

“Apalagi, pipa gas mudah sekali terbakar. Dan, bisa membahayakan jika terbakar api. Kejadian ini, harus dijadikan pelajaran ke depannya. Agar tidak menimbulkan korban jiwa,” pungkasnya. (*)

Sumber : Prabumulih Pos

Rekomendasi Berita