oleh

Gandeng UGM Kembangkan Pariwisata

LINGGAU POS ONLINE – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang fokus mengembangkan sektor pariwisata. Berbagai upaya dilakukan, salah satunya bekerja sama dengan pihak Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta.

Tindak lanjut dari kerja sama ini, Empat Lawang kedatangan tim pusat studi bidang pariwisata dari UGM. Tujuan kedatangan tim ini, untuk berdiskusi mengenai cara memajukan pariwisata di Empat Lawang. Diskusi pun dilaksanakan di ruang rapat kantor Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Empat Lawang, Senin (26/8).

Bupati Empat Lawang, H Joncik Muhamad mengakui kalau tim dari UGM tersebut sudah sangat berpengalaman dalam pengembangan pariwisata di seluruh Indonesia, karena mereka berbasis riset.

“Dan menurut kami, yang bisa diandalkan saat ini untuk memajukan pariwisata kita ya bekerja sama dengan mereka yang memang sudah andal dan berpengalaman. Bahkan pengalaman mereka dalam mengembangkan wisata sudah dari Sabang sampai Marauke. Hari ini, kita kupas habis ilmu dari mereka,” ungkap Joncik.

Ia mengakui, pemasukan dari daerah masih banyak mengandalkan dari sektor pariwisata.

“Majunya Pariwisata bisa mengangkat suatu daerah. Lihat saja Yogyakarta, terkenal karena banyaknya tempat wisata. Sementara Empat Lawang juga banyak potensi wisata, di antaranya air terjun. Ketika pariwisata sudah maju, maka bisa menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD),” jelasnya.

Tujuan akhir kerja sama ini, sektor wisata di Empat Lawang nanti bisa menyumbang PAD.

“Saya sudah perintahkan Dinas Pariwisata bisa fokus dan konsen serta serius dalam mengelola pariwisata,” ungkapnya.

Prof Baiquni, mewakili tim ahli dari UGM mengatakan pariwisata bisa dikembangkan hanya dengan ilmu. Makanya, harus dibuatkan konsepnya dari awal. Lalu Pemda harus kreatif dalam memanfaatkan sumber daya yang ada.

“Untuk menciptakan pariwisata yang berkualitas harus kreatif, dan pandai memanfaatkan SDA yang ada. Seperti di Empat Lawang ini ada Sungai Musi yang membelah kecamatan Tebing tinggi. Ini bisa dikelola menjadi potensi wisata,” katanya. (key)

Rekomendasi Berita