oleh

Ganda Putri Indonesia Unggul Tanpa Kesulitan

LINGGAU POS ONLINE – Pasangan ganda putri Indonesia, Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto, berhasil melaju ke babak perempat final SEA Games 2019. Hasil itu didapat usai Fadia/Ribka mengalahkan Pham Nhu Thao/Tran Thi Phuong Thuy.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Muntinlupa Sports Complex, Filipina, Jumat (6/12/2019), pasangan yang kini menduduki peringkat 53 dunia itu berhasil mengalahkan wakil Vietnam itu dengan mudah.

Pasalnya, Fadia/Ribka mampu menang secara meyakinkan melalui straight game, 21-7, 21-17 dalam durasi 21 menit. Meski terbilang menang dengan mudah, namun di awal gim pertama Fadia/Ribka sempat kesulitan menghadapi perlawanan pasangan Vietnam tersebut.

Keduanya sempat tertinggal angka di awal gim sebelum akhirnya merespon ketertingalannya dengan keunggulan yang dipertahankan hingga menutup gim pertama dengan kemenangan besar 21-7.

Di gim kedua, wakil Indonesia mendapat perlawanan yang berarti dari lawannya. Meski terus memimpin perolehan poin, namun pasangan Vietnam itu selalu berusaha untuk mengejarnya.

Bahkan di interval gim kedua itu, Fadia/Ribka hanya selisih tiga angka. Usai jeda interval gim kedua, Fadia/Ribka mampu menangani perlawanan Pham Nhu Thao/Tran Thi Phuong Thuy yang sempat merepotkan. Alhasil, Fadia/Ribka berhasil menutup gim kedua sekaligus meraih kemenangan dengan skor 21-17.

Faktor perubahan kondisi lapangan yang diakui Fadia/Ribka menyulitkan dirinya di gim kedua itu. Angin yang berhembus, dikatakan Fadia/Ribka menjadi kendala mereka dalam mengolah bola.

“Mainnya sebenarnya sudah enak, tapi anginnya kencang banget di lapangan. Lebih kencang dari sebelumnya. Jadi harus diatur lagi mau diarahkan kemana dan mainnya gimana. Tapi akhirnya sudah bisa enak,” ungkap Ribka.

“Lawan hari ini masih bisa diatasi. Cuma sama kondisi lapangannya aja yang kami harus lebih siap lagi. Anginnya benar-benar kencang,” ucap Fadia menambahkan.

Dengan hasil ini, Fadia/Ribka berhak atas tiket perempatfinal pesta olahraga dua tahunan tersebut. Di babak delapan besar itu, Fadia/Ribka sudah ditunggu unggulan kedua asal Malaysia, Chow Mei Kuan/Lee Meng Yean.

Kedua pasangan ini belum saling berjumpa di ajang apapun. Namun, Fadia/Ribka diprediksi bakal bekerja keras menghadapi Lee/Chow mengingat pasangan itu kini menduduki peringkat 15 dunia.

Ditambah lagi, bagi keduanya ini menjadi kali pertamanya mereka turun di ajang SEA Games. Selain ingin menimba pengalaman bertanding, tentunya Fadia/Ribka juga menharapkan meraih hasil terbaik di pesta olahraga multievent negara se-Asia Tenggara tersebut.

Sebelumnya, mereka juga berkesempatan turun memperkuat beregu putri SEA Games kali ini.
“Ini jadi pengalaman buat kami untuk main beregu. Karena rasanya berbeda sekali dengan saat beregu di junior. Kami harus terus siap dan mempelajari lawan dengan baik. Karena lawannya bisa jadi sudah jauh senior dan berpengalaman dibanding dengan kami,” jelas Ribka.

Selain Fadia/Ribka di sektor ganda putri juga ada pasangan Greysia Polii/Apriyani Rahayu. Pasangan yang menempati unggulan pertama itu juga berada di perempatfinal dengan status bye. Di babak delapan besar Greysia/Apriyani bakal berhadapan dengan wakil Thailand, Savitree Amitrapal/Puttita Supajirakul. (*)

Sumber: Fajar Indonesia Network (FIN)

Rekomendasi Berita