oleh

Ganda Intern, KPU Langsung Eksekusi

LINGGAU POS ONLINE, CURUP – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rejang Lebong tengah melakukan penginputan hasil verifikasi administrasi di lapangan. Khususnya terhadap Partai Politik (Parpol) yang sebelumnya mendaftar ke KPU Rejang Lebong.

“Data hasil verifikasi administrasi Parpol masih dilakukan penginputan,” kata Ketua KPU Rejang Lebong, Halid Saefullah didampingi Komisioner KPU, Fahamsyah, Senin (6/11) di kantornya, Kelurahan Dwitunggal Curup.

Fahamsyah menjelaskan, saat verifikasi administrasi di lapangan petugas menemukan banyak kegandaan baik eksternal antar Parpol maupun intern dalam Parpol.

“Untuk jumlah kegandaan antar Parpol atau eksternal diketahui berjumlah 351 baik KTA maupun KTP,” katanya.

Sementara ganda Internal, dirinya belum bisa memastikan jumlahnya karena masih dalam proses input data.

“Kalau internal itu ganda dalam Parpol dan semua Parpol ada kegandaan internal meskipun jumlahnya berbeda-beda,”paparnya.

Kegandaan internal, kata Fahamsyah, KPU memiliki wewenang untuk melakukan eksekusi dalam melakukan verifikasi di lapangan. Contoh, dalam satu Parpol ada satu nama dan nama tersebut muncul lagi atau ganda, jadi KPU langsung mencoret nama yang sama dengan identitas yang sama,” katanya.

Kemudian, sambungnya, dengan penginputan data hasil verifikasi administrasi di lapangan melalui Sipol, nanti akan diketahui berapa jumlah sebenarnya KTA maupun KTP yang disampaikan masing-masing Parpol.

“Nanti sekitar tanggal 15 November diadakan pleno penyampaian hasil verifikasi ke Parpol, namun pleno tersebut bukan final. Hanya penyampaian yang nantinya masing-masing Parpol melakukan perbaikan,” tambahnya. (09)

Komentar

Rekomendasi Berita