oleh

Gali Potensi Siswa, Agar Lebih Disiplin

Kepala SMAN 1 Muara Beliti Kukuhkan Pengurus Ekstrakulikuler

Ekstrakulikuler bukan sekadar kegiatan pelepas penat usai Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Lebih dari itu. Ekstrakulikuler mampu jadi wadah penggali potensi, menjadikan siswa-siswi makin mandiri dan berprestasi.

Laporan Sasma Widiyani, Muara Beliti

KEPALA SMA Negeri 1 Muara Beliti, Yasbudaya, Sabtu (10/11) lalu mengukuhkan seluruh pengurus dan anggota ekstrakurikuler (ekstrakulikuler). Pengukuhan itu disaksikan seluruh guru dan murid SMA Negeri 1 Muara Beliti. Tujuan kegiatan ini, untuk memantapkan seluruh kegiatan ekstrakulikuler yang ada di sekolah model Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) tersebut.

Yasbudaya menuturkan, saat ini ada 12 ekstrakulikuler yang aktif di sekolah yang dipimpinnya. Diantaranya, rohis, Pramuka, PMR, English Club, Paskibra, marching band, PKS, seni tari, paduan suara dan masih banyak lainnya.

“Kegiatan ini rutin kita lakukan setiap setahun sekali guna untuk memantapkan seluruh kegiatan ekstrakulikuler yang ada. Dan juga sebagai pengenalan ekstrakulikuler kepada Murid baru di SMA Negeri 1 Muara Beliti,” jelasnya.

Di SMA Negeri 1 Muara Beliti seluruh siswa diwajibkan untuk mengikuti ekstrakulikuler yang ada. Selain bisa menambah nilai dalam rapor, juga mendidik Siswa untuk menggali potensinya di luar pelajaran.

“Kegiatan ekstrakulikuler itu sangat positif. Siswa bisa mandiri mengatur waktu, bisa bertanggung jawab, menggali potensi yang ada pada siswa dan juga menambah nilai di dalam rapor. Seluruh latihan ekstrakulikuler dilakukan setiap dua kali dalam satu minggu,” imbuh Yasbudiman.

Diantara ekstrakulikuler yang ada ekstrakulikuler Patroli Keamanan Sekolah (PKS) SMA Negeri 1 Muara Beliti adalah ekstrakulikuler terbaik dan pernah meraih juara 1 di tingkat Provinsi Sumsel. Ini menjadi sebuah modal utama bagi ekstrakulikuler PKS untuk lebih diminati oleh siswa.

“Ada 40 anggota ekstrakulikuler PKS SMA Negeri 1 Muara Beliti. Alhamdulillah kita mendapatkan juara 1 untuk ekstrakulikuler PKS ini dengan mengerahkan 21 anggota PKS dari 40 anggota yang ada,” aku Yasbudiman.

Yasbudaya berharap kedepannya seluruh ekstrakulikuler SMA Negeri 1 Muara Beliti semakin diminati dan bisa berprestasi mengharumkan nama sekolah. (*)

Komentar

Rekomendasi Berita