Gajah Liar Muncul di Belakang SPBU Rupit

LINGGAUPOS.CO.ID- Warga RT 15, Kelurahan Muara Rupit, Kecamatan Rupit, Kabupaten Muratara, dikejutkan kemunculan gajah dibelakang SPBU Rupit, Rabu (2/6) sekitar pukul 06.30 WIB.

Dedi, warga setempat mengatakan gajah yang terlihat hanya satu ekor dengan tinggi tiga meter, tengah memakan daun pohon, berjarak 30 meter dari permukiman penduduk. Penemuan dilaporkan ke ketua RT 15.

Menurutnya, kemunculan gajah liar ini merupakan kejadian kedua kalinya di wilayah RT 15, Kelurahan Muara Rupit. Sebelumnya juga terpantau berada di lokasi yang sama. “Kami ngeri jugo, takutnya lari ke permukiman. Jarak lokasi penemuan, samo permukiman sekitar 30 meter,” bebernya.

Ketua RT 15 Yasmin mengaku, pihaknya sudah melaporkan informasi itu ke petugas BKSDA dan Pol PP Kabupaten Muratara. Gajah itu Sabtu lalu terpantau muncul di sekitar kompleks perkantoran Bupati Muratara. Senin malam terpantau masuk wilayah RT 15, dan Selasa pagi muncul di Desa Beringin Rupit.

“Sekarang gajah itu muncul lagi di belakang SPBU wilayah kami RT 15, mungkin dia putar arah. Sudah banyak kebun warga yang di rusak,” katanya. Dia mengimbau agar masyarakat tidak mendekati gajah liar itu, sehingga tidak terjadi hal yang tidak di inginkan.

Rusmin dari BKSDA mengatakan sudah melaporkan kejadian itu. Untuk sementara, mereka terus melakukan penggalangan dan sosialisasi terhadap masyarakat yang wilayah desa mereka dilalui gajah, agar tidak mengusik gajah itu. Serta memberikan tips agar tidak menjadi sasaran gajah liar.(sumeks.co)

Rekomendasi Berita