oleh

Formasi Penerimaan CPNS Daerah Lebih Besar

JAKARTA – Tahun 2018 ini pemerintah akan kembali membuka penerimaan CPNS dengan kuota yang lebih besar daripada tahun sebelumnya untuk mengisi banyak kursi kekosongan ditiap instansi diakibatkan banyaknya ASN yang memasuki masa pensiun.

Pelaksanaan pendaftaran CPNS itu sendiri akan segera digelar dalam beberapa waktu mendatang di situs sscn.bkn.go.id

Kuota Formasi Penerimaan CPNS tahun 2018 diperuntukkan untuk pusat dan daerah.

Sistem penerimaan CPNS akan menggunakan “Minus Growth” dimana jumlah formasi CPNS yang akan diterima tidak akan melebihi jumlah ASN yang pensiun.

Sementara angka PNS yang memasuki masa pensiun sebanyak 250 ribu orang, yang terdiri dari 38.000 PNS pusat dan sisanya PNS daerah.

Kebutuhan CPNS diprioritaskan untuk jabatan fungsional (tertentu) dan jabatan teknis lain yang mendukung tugas inti (core business) instansi.

Jumlah kuota formasi penerimaan CPNS daerah lebih besar porsinya dibanding formasi CPNS pusat.ADVERTISEME

Khusus formasi CPNS daerah, akan disesuaikan dengan usulan bupati dan gubernur sesuai dengan kompetensi bidang apa saja yang akan dikembangkan di daerah bersangkutan.

Daerah yang belanja pegawainya lebih dari 50% dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) tidak akan mendapatkan formasi.

Tes menggunakan sistem CAT CPNS dan kelulusan berdasarkan passing grade yang ditetapkan. Untuk mengikuti seluruh seleksi CPNS, para peserta tes tidak dipungut biaya apapun.

Sebagai persiapan menjelang dibukanya pendaftaran, asncpns menyarankan kepada calon pelamar untuk  mempersiapkan persyaratan pelamaran. Diantaranya, mempersiapkan data-data kependudukan yang valid (KTP, Kartu Keluarga).

Apabila terdapat ketidaksesuaian atas data-data kependudukan, disarankan agar calon pelamar segera memperbaharui data dimaksud di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil setempat.

Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan, dari Perguruan Tinggi negeri atau swasta dengan Program Studi yang terakreditasi minimal B/Sangat Baik dari Badan Akreditasi Nasional (BAN-PT) pada saat ljazah tersebut dikeluarkan, jika akreditasi tidak tertulis didalam ljazah, maka dibuktikan dengan surat keterangan dari fakultas (Surat Keterangan Lulus Sementara tidak berlaku).

Pelamar merupakan lulusan Sarjana/S-1 dan Diploma Ill /D-111 dengan lndeks Prestasi Kumulatif (IPK) Minimal 2.75 (Dua koma tujuh lima) skala 4,00 (Empat koma nol) yang dibuktikan dengan fotokopi ljazah dan Transkrip Nilai yang dilegalisir sekurang-kurangnya oleh Dekan atau sederajat (wajib dilengkapi setelah peserta dinyatakan lulus pada pengumuman Seleksi Kompetensi Dasar/CAT). Usia Minimal 18 tahun dan Maksimal 35 Tahun. (Net)

Komentar

Rekomendasi Berita