oleh

Formasi CPNS Didominasi Guru

LINGGAU POS ONLINE- Formasi Rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kota Lubuklinggau sudah diterima Pemerintah Kota (Pemkot) Lubuklinggau. Dari usulan 270 orang, Kota Lubuklinggau mendapat jatah formasi sebanyak 177 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (KemenPAN-RB RI).

Hal ini diungkapkan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Lubuklinggau, H Rahman Sani. Dari 177 yang diberikan, 145 formasi guru, 20 untuk formasi tenaga kesehatan dan 13 untuk formasi tenaga teknis.

“Kita banyak mendapatkan formasi guru, karena memang banyak guru di Kota Lubuklinggau yang pensiun tahun ini,” jelas Rahman Sani, Senin (21/10).

Setelah ini, pihaknya akan menindaklanjuti dengan melaksanakan rapat untuk membahas teknis perekrutan selanjutnya. Mulai dari jadwal hingga lokasi tes.

“Namun yang pasti perekrutan CPNS kali ini sama seperti sebelumnya, Pemkot tetap memprioritaskan pelamar yang memiliki KTP-El Kota Lubuklinggau,” tegas dia.

Rahman Sani mengakui jatah 177 yang diterima Pemkot kali ini, tentunya belum bisa menutupi kebutuhan ASN di Kota Lubuklinggau saat ini.

“Hanya 177 yang kita terima dari KemenPAN-RB, mau bagaimana lagi. Kita tetap bersyukur, bisa menutupi sebagian kebutuhan ASN kita meskipun bila bisa menutupi seluruh kebutuhan ASN yang ada,” ungkapnya.

Ia mengimbau agar perekrutan CPNS tahun 2019 bisa dimanfaatkan warga Kota Lubuklinggau, yang ingin menjadi ASN dan mengabdikan dirinya di Pemkot Lubuklinggau.

Sementara Kabupaten Musi Rawas (Mura) mendapat jatah 255 formasi untuk 3 bidang. Rinciannya 123Tenaga Pendidikan, 66 Tenaga Kesehatan dan 66 Tenaga Teknis. Jumlah ini naik dari tahun sebelumnya hanya 182 dan yang terisi 148 formasi. Sementara untuk Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) hanya mendapat 170 formasi dari 300 yang diajukan.

“Alhamdulillah tahun ini kita mendapat jatah 255 formasi,” ungkap Kepala BKPSDM Kabupaten Mura, H Rudi Irawan.

Ditambahkan Rudi, jumlah formasi yang diterima tersebut berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Nomor 342 Tahun 2019 tentang Penetapan Kebutuhan PNS di lingkungan Pemkab Mura tahun anggaran 2019. Selanjutnya untuk jadwal, pengumuman penerimaan CPNS akan dilaksanakan pada 25 Oktober 2019. Saat ini pihaknya masih menunggu keluarnya Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PermenPAN-RB).

“Secara teknis penerimaan kita masih menunggu PermenPAN. Insya Allah 25 Oktober 2019 nanti kita umumkan,” jelas Rudi.

Sementara Kepala BKPSDM Kabupaten Muratara, Ralin Jufri saat dikonfirmasi membenarkan pihaknya sudah menerima data kuota penerimaan CPNS tahun 2019.

“Formasi yang kami usulkan ke BKN sekitar 300-an. Nah, tadi saat kami buka amplop yang diberikan BKN, kuota penerimaan CPNS untuk Kabupaten Muratara tahun 2019 ini 170 orang. Untuk formasi apa saja, nanti saja ya,” pinta Ralin Jufri.

Ralin berharap, kepada masyarakat yang akan mengikuti seleksi CPNS 2019 segera mempersiapkan diri. Sebab pendaftarannya akan dibuka Oktober ini.

Laporan Riena Fitriani Maris/Budi Santoso

Rekomendasi Berita