oleh

Finalis Putra Putri Esemkanda Kunjungi Linggau Pos

LINGGAU POS ONLINE, LUBUKLINGGAU – Finalis Putra Putri Esemkanda Tahun 2018 tandang ke Graha Pena Linggau (Kantor Harian Pagi Linggau Pos). Kedatangan mereka didampingi Wakil Bidang Kesiswaan H Baharudin, Wakil Bidang Sarana Prasarana Belly Sofyan, Ketua Panitia Pemilihan Putra Putri Esemkanda Berita Harahap dan official.

Kedatangan rombongan dari SMKN 2 Model Lubuklinggau itu disambut oleh Direktur PT Wahana Semesta Linggau Solihin diwakili General Manager (GM) Linggau Pos Budi Santoso, GM Silampari TV M Yasin dan Pemimpin Redaksi (Pemred) Linggau Pos Endang Kusmadi.

12 Pasang Putra Putri Esemkanda ini langsung diajak untuk berkumpul dan dilakukan penyambutan semi formal di Lantai 3 Meeting Room Graha Pena.

INZET : Finalis Putra-Putri Esemkanda Lubuklinggau 2018 serius menyimak penjelasan yang disampaikan Pemimpin Redaksi Linggau Pos Endang Kusmadi di ruang redaksi.

Dalam sambutannya, H Baharuddin menerangkan, kegiatan ini dilakukan dalam rangka memberikan pemahaman kepada para finalis tentang profesi jurnalis dan tugas kejurnalistikan.

Minimal, harapan Baharuddin, sepulang dari Linggau Pos, finalis bisa memahami proses pembuatan Linggau Pos sampai ke tangan pembaca.

Budi Santoso mengapresiasi inisiasi panitia Pemilihan Putra Putri Esemkanda 2018 yang mengajak para finalis kunjungan ke Linggau Pos. Momen ini, setidaknya bisa menginspirasi para finalis agar kelak juga ingin jadi pegiat jurnalistik.

Kilas perkembangan Linggau Pos sejak 12 Februari 2001 dipaparkan Budi Santoso. Ia menerangkan, bahwa untuk bisa berada di posisi seperti saat ini, banyak perjuangan yang dilakukan para perintis dan Sumber Daya Manusia (SDM) di dalamnya. Ia bersyukur, sampai 2018 ini Harian Pertama dan Terbesar di Bumi Silampari itu sudah memiliki beberapa anak perusahaan. Seperti Linggau Hotel, Musirawas Ekspres, Harian Silampari dan Silampari Televisi.

Setelah penyambutan yang sederhana itu, finalis diajak ke Lantai 1 Graha Pena Linggau tepatnya di Ruang Redaksi dan Ruang Pracetak.

Endang Kusmadi memberikan penjelasan tentang proses bagaimana para wartawan Linggau Pos memulai proses mempersiapkan peliputan, penggalian data, pengolahan berita, layout, hingga percetakan.

Para finalis berusaha untuk mengajukan beberapa pertanyaan terkait tugas jurnalis. Termasuk tantangannya selama proses menjalankan tugas di lapangan.

Dalam salah satu penjelasannya, Endang Kusmadi mengingatkan kepada para finalis untuk bisa jadi pembaca informasi yang cerdas. Salah satunya, tak mudah terjebak informasi hoaks.

“Kita dihadapkan pada era informasi yang terbuka. Semua tersaji secara digital. Per detiknya, informasi masuk ke smartphone kita. Namun, tidak semuanya harus langsung dipercayai dan diterima. Sebab, kini sedang gencar adanya informasi hoaks. Untuk menangkal itu, pembaca harus cerdas dalam mencari sumber berita yang benar dan fakta,” terang dia.

Sebagai pegiat jurnalistik, tugas awak media bukan menghakimi mana yang benar dan mana yang salah.

“Khususnya Linggau Pos, biasanya sebelum informasi disajikan, wartawan akan melakukan cek dan ricek ke lapangan. Setelah jelas sumbernya, baru akan dipublikasikan. Wartawan Linggau Pos sangat menjunjung tinggi Kode Etik Jurnalistik, dan sistem kerja mengacu pada UU Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers,” jelas dia.

Setelah kunjungan ke dapur redaksi Linggau Pos, Finalis Putra-putri Esemkanda menuju ke Studio Silampari Televisi. Bahkan salah seorang dari mereka berkesempatan mencoba jadi presenter.

Ketua Panitia Pemilihan Putra Putri Esemkanda Lubuklinggau 2018, Berita Harahap menjelaskan, setelah kunjungan ke Graha Pena Linggau ini finalis diajak belajar table manner ke Hotel Dafam Lubuklinggau. (lik)

Rekomendasi Berita