oleh

Festival ‘Bedil Buluh’ Ramaikan HUT RI

LINGGAU POS ONLINE – Ada festival unik yang akan diselenggarakan Forum Pemuda Linggau (FPL), guna menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 RI mendatang. Rencananya, mereka akan melaksanakan festival ‘bedil buluh’.

Ketua FPL, Efran Ronaldi menegaskan ada makna tersendiri mengapa pihaknya mengadakan festival yang tergolong unik dan jarang ditemukan di daerah lain. Selama ini, belum ada yang terpikir mengeluarkan ide untuk menyelenggarakan festival ini.

Pertama dijelaskan Efran, sebagai forum pemuda pihaknya ingin mengingatkan kepada seluruh pemuda di Kota Lubuklinggau jangan sampai seperti bedil buluh.

“Kenapa, karena bedil buluh terkenal mengeluarkan suara yang kencang seperti ketika terkena senjata ini pasti korbannya akan mati. Tetapi, senjata ini justru tidak mematikan. Kalau istilah kita ‘hawe besar’. Kita ingin, pemuda kedepan jangan hanya besar omongan, tetapi besar kemauan untuk memajukan Kota Lubuklinggau, melalui karya, ide dan inovasi,” tegas Efran.

Selain itu, FPL ingin mengingatkan sejarah lama kalau dulu senjata bedil buluh sangat populer di Indonesia. Jangan sampai, sejarah ini dilupakan para pemuda saat ini.

“Untuk itu, ayo daftarkan segera di sekretariat FPL di Kelurahan Watervang. Untuk peserta tidak dibatasi usia dan gratis pastinya. Hanya saja, saat festival peserta membawa bedil buluh sendiri karena panitia tidak menyiapkan. Mulai besok, pendaftaran sudah kita buka,” ungkapnya.

Festival akan dilaksanakan pada 17 Agustus, di lapangan eks Kompi Kelurahan Air Kuti Kecamatan Lubuklinggau Timur I. Nanti, suara bedil buluh yang paling kuat yang akan dipilih.

“Mereka, akan mendapatkan tropi, piagam penghargaan dan uang pembinaan yang sudah disiapkan panitia,” lanjutnya. (rfm)

Rekomendasi Berita