oleh

Febrita : Warga Wajib Cek Kesehatan

Lantik Ketua PMI Empat Lawang

LINGGAU POS ONLINE – Masyarakat diminta rutin cek kesehatan, mulai usia Bayi Bawah Lima Tahun (Balita) sampai Lanjut Usia (Lansia). Karena saat ini setiap desa, sudah memiliki Pos Pelayanan Kesehatan Terpadu (Posyandu).

Hal ini ditegaskan Ketua TP PKK Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Hj Febrita Lustia Herman Deru saat Kunjungan Kerja (Kunker) di Desa Pajar Bakti Kecamatan Tebing tinggi Kabupaten Empat Lawang, Kamis (29/8). Bahkan disela-sela Kunker-nya kemarin, langsung meninjau Pos pelayanan KB, IVA Tes, posyandu Balita dan Posyandu Lansia.

Ia menegaskan banyak tempat untuk mengecek kesehatan, agar masyarakat jangan ragu untuk mengecek kesehatannya. Karena kesehatan itu sangat penting dan tak ternilai harganya, dan tentu harus dijaga dengan cara rutin mengecek kesehatan.

“Sehat itu mahal, jagalah kesehatan sebelum sakit. Kalau sudah sakit, akan banyak uang yang kita keluarkan. Untuk itu, wajib cek kesehatan,” tegas Febrita.

Selain mengimbau agar warga rutin lakukan cek kesehatan, istri Herman Deru ini juga mengingatkan tentang penyalahgunaan narkoba. Ia mengajak anak-anak yang ikut hadir dalam kunjungan, untuk menjauhi Narkoba.

“Kalian adalah generasi penurus bangsa, jika kalian sudah memakai zat tersebut pasti akan rusak masa depan kalian,” ungkapnya.

Dilanjutkan Febrita, jika sudah kecanduan Narkoba biasanya fisik dan pola pikir akan rusak, badan kurus, suka berhalusinasi dan yang paling parah, merugikan orang tua dan masyarakat,” jelasnya.

Sebagai generasi muda lanjutnya, haruslah memiliki cita-cita yang tinggi dan harus bisa memilih kawan dan lingkungan yang sehat.

“Orang tua kita sudah susah payah membesarkan dan menyekolahkan kita,” tegasnya.

Selain menyampaikan arahan terkait kesehatan dan penyalahgunaan Narkoba, istri Gubernur Sumsel ini dalam Kunker-nya ke Kabupaten Empat Lawang juga melantik kepengurusan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Empat Lawang. Dalam hal ini, kapasitasnya sebagai Ketua PMI Provinsi Sumsel.

Usai melantik, Febrita meminta agar Pengurus PMI Empat Lawang yang sudah dilantik untuk langsung bekerja memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Pertama harus mempunyai sekretariat resmi dan juga mobil pelayanan PMI, agar bisa bekerja memberikan pelayanan kepada masyarakat secara maksimal,” tegasnya.

Sementara Ketua PMI Kabupaten Empat Lawang, Hj Hepy Sapriyani Joncik menjelaskan, pelantikan ini merupakan langkah awal bagi PMI di Empat lawang untuk membantu masyarakat. Selama ini diakuinya, ketika ada warga yang membutuhkan darah harus dirujuk ke kabupaten kota tetangga.

“Kami akan segera membuka unit transfusi darah, untuk itu mohon bantuan anggaran dari PMI Provinsi. Agar kedepan warga kita yang membutuhkan darah, tidak harus dirujuk keluar daerah,” tegasnya. (*)

Laporan : Kayang Manggala

Komentar

Rekomendasi Berita