oleh

Fauzal Akbar MC Muda Berbakat

LINGGAU POS ONLINE – Muda, berbakat dan bertalenta. Itulah yang menggambarkan sosok Fauzal Akbar, seorang Master of Ceremony (MC) yang seringkali membawakan berbagai macam acara baik di Kota Lubuklinggau, Kabupaten Musi Rawas, Musi Rawas Utara dan sekitarnya. Pria kelahiran Noman, 7 Maret 1995 ini merupakan anak ke-3 dari 4 saudara dari pasangan Zulfakar dan Yusnawati.

Pria yang biasa disapa Fauzal ini memiliki ketertarikan untuk tampil di depan orang banyak sejak ia duduk di bangku SMP. “Waktu SMP itu rasanya senang tampil dalam lingkungan sekolah. Tapi kalau untuk yang benar-benar menekuni atau menghasilkan itu mulai dari tahun 2015 sampai sekarang ini,” jelasnya.

Biasanya Fauzal membawakan acara-acara seperti pernikahan, instansi pemerintah, perusahaan, gathering, akikah atau acara hiburan lainnya. “Terlepas dari hobi, saya memang menyukai dunia tersebut ya. Melihat senior-senior, sebetulnya belajarnya autodidak, cuma paling referensinya dari Youtube” jelas Fauzal yang merupakan alumni dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) yang sekarang dikenal dengan Universitas Bina Insani (UnivBI) Jurusan Ekonomi Manajemen Sumber Daya Manusia pada tahun 2018 kemarin.

Selain menjadi MC, aktivitas yang dilakukan oleh Fauzal saat ini menjadi Staf Bagian Umum Kantor Kementerian Agama Kota Lubuklinggau. Sebagai seorang freelance ia bekerja sama dengan beberapa Event Organizer (EO) dan Wedding Organizer (WO). “Alhamdulillah selalu lancar, paling minimal itu satu bulan bisa 3x ngisi acara baik outdoor dan indoor. Bisa kontak saya langsung lewat WA” sampainya.

Pria segudang prestasi yang juga menjabat sebagai Bujang Gadis Muratara tahun 2016 itu pernah jadi Juara I Lomba Syahril Quran MTQ Tingkat Kota Lubuklinggau tahun 2016.

Selain itu, ia juga pernah memandu beberapa acara dengan artis dangdut ibu kota, acara-acara partai politik, lembaga KPU, serta beberapa acara yang dihadiri oleh pejabat baik daerah dan provinsi. “Tergugah di hati, senang dilihat orang banyak, ada penghargaan tertentu di depan orang-orang hebat, pejabat, bisa digunakan oleh orang banyak,” tuturnya penuh haru.

Ke depannya ia berharap terus sehat, dan bisa berkarier yang panjang sehingga berguna bagi masyarakat. Pria yang juga mengidolakan host kondang Choki Sitohang ini mengharapkan bahwa nantinya ia bukan saja dapat tampil di daerah, namun juga di provinsi dan tingkat nasional.

Lebih lanjut, Fauzal juga menyampaikan beberapa tips dan trik agar dapat menjadi MC yang baik dalam membawakan acara. “Pastinya yang pertama itu bagaimana membawa audiensi ketika mulai awal ketika berbicara, pandangan orang-orang fokus dengan kita, itu sudah berhasil. Istilahnya itu bisa membawa audiensi ke ranah pembicaraan kita. Kemudian style kita dan kerapian juga penting, karena semua orang memperhatikan kita, jadi harus rapi. Yang paling penting lagi itu ada artikulasi. Pembicaraan kita harus jelas, tegas, dan dapat didengar oleh audiensi baik dari intonasi, nada. Tak kalah penting juga percaya diri dan penguasaan panggung harus diutamakan” jelasnya secara detail.

Meskipun seringkali menemukan kendala dalam membawakan acara, hal yang harus dimiliki seorang MC yakni inisiatif dan kreativitas agar hal-hal yang tidak diinginkan seringkali terjadi dapat dihindari. Selain itu, Fauzal juga memberikan pesan kepada generasi muda saat ini untuk terus berkarya. “ya pokoknya jangan pernah takut untuk berkarya, menghasilkan karya, agar bisa mengembangkan potensi yang ada pada diri kita masing-masing. Sebab dengan berkarya kita bisa menikmati hasilnya di hari-hari yang akan datang, karena kalau nggak sekarang kapan lagi kita bisa bermanfaat bagi orang banyak terutama untuk keluarga dan diri sendiri” harapnya kepada generasi muda.

Bagi anda yang berniat untuk menggunakan jasa Fauzal Akbar menjadi MC di berbagai acara anda, dapat menghubunginya melalui WA di +62 852-6804-3236 atau juga dapat mengikutinya melalu media sosial Instagram @fauzal_akbar95. (cw5)

Rekomendasi Berita