oleh

Fasilitas Kesehatan Wajib Akreditasi

RSUD Terakreditasi Perdana

LINGGAU POS ONLINE, EMPAT LAWANG – Upaya Pemkab Empat Lawang menjadikan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Empat Lawang terakreditasi tercapai.  Buktinya status akreditasi perdana sudah dikeluarkan tim penilaian akreditasi nasional.

Hal ini disampaikan Direktur RSUD Empat Lawang, dr Devi Andrianty melalui Kabid Rekam Medik Deri. Menurut Deri, pihaknya merasa bersyukur predikat akreditasi bisa dicapai hal ini tak terlepas kerja keras dalam semua elemen yang terkait di RSUD dalam menyiapkan semua syarat dan kelengkapan penilaian lain termasuk pelayanan di RSUD ini sendiri.

Namun yang tak kalah penting, kata Deri, status akreditasi merupakan salah satu upaya pihaknya dalam meningkatkan pelayanan terhadap semua pasien di RSUD itu juga.

“Setiap fasilitas kesehatan baik Puskesmas apalagi RSUD wajib akreditasi, jika tidak ya salah satu diantaranya tidak bisa klaim BPJS. Alhamdulillah kita lulus akreditasi,” katanya.

Disinggung mengenai kelas, Deri menegaskan jika saat ini RSUD Empat Lawang masih berada di tingkat kelas D namun hal ini akan terus diupayakan peningkatan. Pasalnya semua sudah banyak yang mendukung, misalnya gedung, kamar yang lebih dari 150 tempat tidur,  itu semua sudah memenuhi, kemudian SDM, alhamdulillah semua sudah memadai tinggal dokter pendukung saja yang masih minim,  mislanya spesialis radiologi dan spesialis pendukung lainnya,” jelasnya.

Target, tambah Deri 2018 RSUD sudah naik kelas ke C, sehingga lebih mudah dalam menerima bantuan pusat yang peralatannya lebih besar,  baik city scan sampai alat USG 4 dimensi yang sebelumnya dilarang di beli atau menerima bantuan akibat status kelas RSUD yang masih tipe D.

“Jadi banyak manfaat jika RSUD sudah naik tipe atau kelas,” tuturnya.

Dilain sisi, Deri mengaku optimis tahun 2018 harapan tercapai karena sudah di dukung SDM yang masih mudah dan lebih energik serta sarana masih baru.

“Sekarang kita sudah miliki dokter spesialis bedah dan kandungan kemudian ditambah dokter anak dan penyakit dalam serta intensif dokter umum. Jadi insya Allah memenuhi syarat tinggal pikirkan izin UPL lagi, karena pengurusan limbah itu juga tak kalah penting,” ungkapnya. (04)

Komentar

Rekomendasi Berita