oleh

Faktor Geografis, 16 TPS di Musi Rawas Sangat Rawan

LINGGAUPOS.CO.ID- Di Musi Rawas terdata ada 16 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang masuk dalam kategori rawan II atau sangat rawan. Namun kerawanan itu lebih kepada faktor geografis.

Kapolres Musi Rawas AKBP Efrannedy menjelaskan di Musi Rawas pada pilkada 2020 karena pandemi Covid-19 ada penambahan TPS. Namun jumlah TPS rawan tetap pada angka 16 TPS.

“Kalau rawan kriminalitas tidak ada, apalagi sampai saat ini adem ayem. Kemudian masyarakat dan juga pasangan calon sudah dewasa berpolitik,” jelasnya, Kamis (17/9/2020).

Namun berdasarkan pengalaman pemilu sebelumnya, seperi adanya kotak suara yang masuk ke dalam sungai saat diangkut, inilah yang menurutnya menjadikan kerawanan.

“Faktor cuaca, letak geografis yang sulit di jangkau, kemudian jalan. Apalagi Desember nanti sudah musim hujan. Kerawanan ini hanya di daerah-daerah yang sulit di jangkau atau jauh, seperi HTI,” ia mengatakan.

Sementara kerawanan lainnya, menurut Kapolres yakni kurang antusiasme masyarakat. “Kalau masyarakat kurang antusias memilih, justru bisa menimbulkan penggelembungan suara. Setidaknya harus 77,5 persen sesuai target KPU,” jelas Kapolres.

Untuk menghindari hal-hal tersebut, dikatakan Kapolres pihaknya akan menerjukan dua pertiga kekuatan, ditambah BKO Polda Sumsel 250 orang, Brimob 100 orang, 100 TNI dan 2.700 linmas. (*)

Rekomendasi Berita