oleh

Evaluasi Pelaksanaan BOK, Dinkes Gelar Pertemuan

LINGGAU POS ONLINE, LAHAT – Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat menggelar pertemuan pengelola Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) tahun anggaran 2017, Kamis (9/11) di Ballroom Grand Zuri Hotel Lahat. Pertemuan ini bertujuan untuk melakukan evaluasi pelaksanaan kegiatan BOK puskesmas tahun anggaran 2017 di Kabupaten Lahat.

“Dengan kegiatan ini setidaknya nanti pengelola BOK mengetahui dan memahami pencapaian realisasi dan pertanggungjawaban keuangan BOK. Disamping mengetahui hasil monev dana BOK tahun 2017 dan membuat RTL permasalahan BOK yang ditemui di Puskesmas,” jelas Kepala Dinkes Kabupaten Lahat, Rosyidi Amri, melalui Kasi Kesga Gizi, Agustia Ningsih.

Menurutnya, pembangunan kesehatan memiliki peranan penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) khususnya di Kabupaten Lahat.

“Hal ini dapat dicapai melalui peningkatan peran bersama antara pemerintah pusat, pemerintah daerah dan masyarakat dalam menyediakan Rumah Sakit, Puskesmas, Poskesdes maupun pelayanan kesehatan berbasis masyarakat melalui Posyandu,” urainya.

Dia menegaskan, BOK merupakan salah satu program unggulan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI dan merupakan upaya Pemerintah untuk membantu daerah dalam mencapai target nasional bidang kesehatan yang menjadi kewenangan wajib daerah.

Dalam pelaksanaannya jelas Agustia, BOK berpedoman pada ketentuan Standart Pelayanan Kesehatan (SPM) di bidang pelayanan kesehatan dan juga diarahkan untuk mencapai target tujuan pembangunan Sustainable Development Goals (SDGs).

“Serta harus diarahkan pada pembudayaan pola hidup sehat bagi masyarakat melalui upaya promotif, preventif dan pemberdayaan masyarakat. Untuk mencapai tujuan tersebut maka kegiatan harus dilaksanakan secara efisien dan efektif baik di Dinas Kesehatan maupun di puskesmas,” imbuhnya. (02)

Komentar

Rekomendasi Berita