oleh

Estimasi Kuota Haji 250 JCH

LUBUKLINGGAU – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Lubuklinggau telah menerima estimasi kuota haji 2019, kuota didapat lebih kurang 250 Jemaah Calon Haji (JCH). Namun, dipastikan jumlah ini akan bertambah, khususnya dari pengajuan JCH Lanjut Usia (Lansia).

Kepala Kantor Kemenag Kota Lubuklinggau, H Azhari didampingi Kasi Haji dan Umrah, H Hasbi Saydina kepada wartawan, Senin (21/1) mengatakan hingga saat ini sudah ada 12 usulan jemaah Lansia. Usulan tersebut langsung disampaikan ke Kemenag Wilayah Sumatera Selatan (Sumsel), dilanjutkan ke Kemenag RI.

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, seperti usia minimal 75 tahun, pendaftaran sudah dilakukan minimal tiga tahun lalu.

“Kami hanya mengusulkan, yang menentukan pusat. Yang mengusulkan puluhan jemaah, sedangkan kuota hanya sedikit 2018 lalu hanya 9 orang,” ungkap Hasbi Saydina.

Menurut Hasbi Saydina, penentuan juga dilakukan sistem ranking, misal yang berangkat 2019 peluang besar pengajuan disetujui untuk jemaah yang berangkat 2020, maupun 2021.

Estimasi kuota JCH Sumsel 2019, ada 7.000 jumlah ini naik jika dibandingkan 2018 lalu hanya 6300, naiknya kuota ini karena ada penambahan dari Pemerintah Arab Saudi.

“Empat tahun lalu kuota Indonesia dikurangi karena di Arab Saudi tengah ada pengerjaan rehab, pengurangan tersebut saat ini ditambahkan untuk kuota tahun lalu dan tahun ini,” ungkap Hasbi.(nia)

Rekomendasi Berita