oleh

Enam Desa Belum Terima DD Tahap II

LINGGAU POS ONLINE, EMPAT LAWANG – Mengejutkan. Masih ada enam desa di ‘Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati’ belum menerima Dana Desa (DD) tahap II anggaran tahun 2017.

Enam desa yang belum menerima DD tahap II yaitu Desa Pajar Bakti, Sugi Waras, Batu Raja Baru, Tanjung Kupang Baru, Kota Gading, dan Batu Pance. Meski belum cair tapi pihak Kades sudah menyampaikan laporan pertanggung jawaban penggunaan DD tahap I.
Hal ini dibenarkan oleh Kabid Pemerintah Desa, Ridho Oktaviano pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Perlindungan Perempuan dan Anak (DPMD3PA) Kabupaten Empat Lawang.

“Tinggal enam desa yang belum menerima DD tahap II semuanya dari Kecamatan Tebing Tinggi, yakni Desa Pajar Bakti, Sugi Waras, Batu Raja Baru, Tanjung Kupang Baru, Kota Gading, Batu Pance,” kata Ridho.

Meskipun belum menerima DD, kata Ridho, enam desa tersebut saat ini, semuanya sudah menyampaikan laporan pertanggung jawaban penggunaan DD tahap I. Tentunya tahun 2017 ini tidak ada DD yang hangus, melainkan hanya terlambat menerima saja.

“Yang jelas kalau sudah menyampaikan laporan pertanggung jawaban penggunaan DD tahap I itu aman. Hanya saja yang terlambat menyampaikan, berlambang juga menerima,” jelasnya.

Pihaknya pun meminta, kepada desa yang sudah menerima DD tahap II, agar segera mungkin menyampaikan laporan pertanggung jawaban dan realisasi DD tahap II. Sebab ada kemungkinan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) di bulan Februari akan mengecek laporan pertanggung jawaban DD tahap II.

“Sesuai di Peraturan Bupati (Perbub) mengenai DD dan ADD laporan pertanggung jawaban DD tahap II yakni awal Februari. Sebab itu kami minta dari sekarang setiap Kepala Desa (Kades), agar dapat memperhatikan mengenai laporan pertanggung jawaban DD tadi,” tegasnya.

Tidak hanya itu, Ridho meminta, setiap kades agar dapat menggunakan DD dengan sebaik-baiknya dan transparan. Setiap masyarakat di desa berhak mengetahui digunakan untuk apa saja DD.

“Jadi setiap pembangunan harus ada papan pekerjaan, dan juga papan penggunaan DD wajib dipasang di setiap desa,” tegasnya. (04)

Komentar

Rekomendasi Berita