oleh

Enam Anggota Dewan Mengundurkan Diri

LINGGAU POS ONLINE, PETANANG – Enam anggota dewan diprediksi bakal mengundurkan diri. Dua anggota DPRD Kota Lubuklinggau, dan empat dari anggota DPRD Musi Rawas (Mura).

Untuk anggota DPRD Lubuklinggau yang mengundurkan diri ini H Khoirul Umri dan Wansari. Karena keduanya ‘loncat pagar’ alias pindah partai. Saat ini mereka sedang melengkapi syarat pencalonan untuk kembali maju sebagai Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) 2019-2024.

Wansari sudah mengajukan surat pengunduran diri sebagai legislator, Jumat (27/7). Sementara, berdasarkan hasil koordinasi H Khoirul Umri akan mengajukan surat yang sama, Senin (30/7).

Ini disampaikan Wakil Ketua I DPRD Kota Lubuklinggau, Taufik Siswanto, Minggu (29/7).

Menurut Taufik Siswanto, surat pengunduran diri yang diajukan dua rekannya tersebut wajib, karena maju dengan partai yang berbeda. Bila tidak mengajukan surat pengunduran diri akan dibatalkan dari pencalonan, karena berdasarkan Peraturan KPU Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pencalonan, untuk legislator yang loncat partai harus mengundurkan diri dari partai sebelumnya. Setelah itu, mereka mengundurkan diri dari anggota DPRD Kota Lubuklinggau.

“Ketika surat mereka masuk akan langsung diproses, karena ini merupakan syarat bagi rekan-rekan yang pindah partai,”kata Taufik Siswanto.

Sementara Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Musi Rawas (Mura), H Ismun Yahya menjelaskan sepengetahuan dirinya dari empat legislator yang pindah parpol, baru Hj Desriniyati yang mengajukan surat pengunduran diri. Sementara, Hj Srie Wahyuni, Wahisun Wais Wahid dan Insugiarto belum diketahuinya, apakah sudah mengusulkan surat pengunduran diri atau belum.

Sebab, menurut Ismun Yahya, surat pengunduran dari para anggota DPRD Kabupaten Mura tidak harus dirapatkan, bisa saja Ketua DPRD Mura, Yudi Fratama atau wakil ketua I DPRD Mura, H Yuzakir Mahmud sudah meneruskan surat pengunduran diri para legislator tersebut.

“Kalau usulan PAW (Pergantian Antar Waktu, red) harus dirapatkan terlebih dahulu. Tapi, kalau usulan pengunduran diri bisa langsung diteruskan ke pihak terkait,” jelasnya. (01)

Rekomendasi Berita