oleh

Empat Rumah di Muratara Terbakar

LINGGAU POS ONLINE – Kebakaran kembali terjadi di Musi Rawas Utara (Muratara). Jika sebelumnya terjadi di Kecamatan Karang Dapo, Selasa (3/9/2019) terjadi di Kecamatan Karang Jaya.

Kebakaran kali ini terjadi sekitar pukul 12.30 WIB di Dusun II Desa Suka Menang Kecamatan Karang Jaya. Dari empat rumah yang terbakar, tiga diantaranya ludes tanpa sisa.

Rumah yang ludes tanpa sisa adalah kediaman  Amran (65), Zainuddin (38) dan Saman (60). Serta membakar sebagian rumah Abu Resio (70).

Seorang saksi mata, Muslipa yang berjualan bakso tak jauh dari lokasi, menjelaskan ia pertama kali melihat asap keluar dari rumah Amran.

“Saat sedang membuat pentol bakso, saya melihat asap tebal kehitaman keluar dari rumah pak Amran. Seketika saya berteriak membertahukan keluarga Amran,” katanya.

Karena di sekitar lokasi kebakaran sepi, ia meminta kerabatnya agar menyiarkan hal tersebut di masjid. Agar  semua masyarakat mengetahui peristiwa tersebut.

Mendengarkan pemberitahuan dari pengeras suara masjid Desa, berondong bondong masyarakat berdatangan, dengan upaya memadamkan api.

“Saat warga kumpul api sudah semakin besar bahkan sudah menghabiskan satu rumah dan telah merambat ke rumah lainnya,” tambahnya.

Saksi lainnya, Elki Sanjaya mengatakan ia mengetahui musibah tersebut seletelah mendengar suara dari pengeras suara masjid. Seketika ia langsung ke lokasi.

Warga ditambahkannya, bersama sama mencari sumber air.  Mengunakan enam unit  pompa air, api dapat dipadamkan. Alhamdulillah satu rumah dapat diselamaatkan, walaupun dinding rumah habis terbakar,” tambahnya

Setelah api berhasil dipadamkan, barulah Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Muratara sampai ke lokasi dan membantu memadankan api yang berada di puing puing bangunan

“Bahkan baru dua kali menyiram, air mobil damkar habis,” katanya.

Sementara itu, Kepala Desa Suka Menang, Jamel seperti dikutip dari mureks.id, kebakaran tersebut diduga akibat konsleting  listrik.

“Api bermula dari rumah Amran, lalu merambat ke rumah Zainuddin, baru ke rumah Saman dan terakhir ke rumah Abu Resio,” kata Jamel.

Dari keempat rumah tersebut, tiga rumah ludes, dan rumah milik Abu Resio hanya sebagian. “Rumah Amran, Zainuddin dan Saman semuanya hangus dan rata menjadi abu. Termasuk barang-barang berharga tidak terselamatkan,” kata ia.

Jamel mengatakan, bahwa jaringan kabel listrik PLN di Kampung II, tiang PLN dari 1 ke 1 tiang lainya cukup jauh. Sementara kabel induk PLN yang disalurkan kerumah-rumah warga sudah cukup jauh.

“Dengan kejadian ini, kami mengharapkan adanya kepedulian dari PLN untuk membenahi kabel-kabel PLN yang jaringan listriknya didistribusikan pada warga,” tutupnya.

Terpisah, Sekdes Suka Menang, Sigit Purnomo Sekdes membenarkan dugaan kebakaran berasal dari arus pendek listrik.

Dia mengatakan kerugian dari musibah tersebut di taksir mencapai ratusan juta, yang berasal dari 3 rumah hangus terbakar dan satu rumah sebagian terbakar

Berdasarkan pantauan di lapangan Dinas Sosial Kabupaten Muratara telah memberikan bantuan berupa makanan ringan dan beberapa bantuan lainnya.

Kapolres Musi Rawas AKBP Suhendro melalui Kapolsek Karang Jaya Iptu TH Samosir membenarkan adanya kebakaran tersebut. “Dugaan sementara akibat konsleting listrik,” jelas Kapolsek. (*)

Laporan Fahmilan Jadidi

Rekomendasi Berita