oleh

Empat Lawang Miliki Empat Prioritas Pembangunan

 

KEGIATAN Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Empat Lawang, untuk menyusun RKPD Tahun 2019 di Gedung Serba Guna (GSG), Selasa (27/3) berjalan lancar

Bupati Empat Lawang, H Syahril Hanafiah mengatakan, Musrenbang RKPD juga merupakan bahan bagi penyusunan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas dan Platform Anggaran Sementara (PPAS) serta Rancangan APBD Kabupaten Empat Lawang Tahun Anggaran 2019.

“Pemkab Empat Lawang mempunyai 4 prioritas, yaitu, pembangunan SDM yang berkualitas, pemerataan pembangunan wilayah, peningkatan ekonomi berbasis masyarakat,” ungkapnya.

Kembali dipaparkannya, peningkatan keamanan dan reformasi birokrasi merupakan salah satu juga prioritas pembangunan di Kabupaten Empat Lawang. Dalam mewujudkan 4 prioritas Kabupaten Empat Lawang Tahun 2019 tersebut, memerlukan anggaran yang cukup besar, sedangkan APBD Empat Lawang terbatas.

“Kita berharap pemerintah provinsi dan pusat agar bisa memberikan bantuan anggaran melalui APBD Provinsi dan APBN sehingga program 4 prioritas dapat bisa dilaksanakan,” harapnya.

Sementara itu, perwakilan Kementerian Dalam Negeri melalui Dirjen Bina Pembangunan Daerah, Lutfi Firmansyah mengatakan, program Nawacita merupakan program Presiden RI, Joko Widodo. Dia menyebut ada 9 yang menjadi perhatian Presiden RI, antara lain, melindungi segenap bangsa Indonesia dan rasa aman, membuat pemerintah membangun tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, demokrasi dan tepercaya.

“Membangun Indonesia dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dan melakukan reformasi sistem dan penegakan hukum yang bebas korupsi, bermartabat dan tepercaya,” paparnya.

Selanjutnya program Nawacita, meningkatkan kualitas hidup melalui peningkatan kualitas pendidikan dan pelatihan dengan program Indonesia Pintar dan Indonesia Sejahtera, meningkatkan produktivitas rakyat dan daya saing di International, mewujudkan kemandirian ekonomi dengan sektor strategis ekonomi domestik.

“Melalui reformasi karakter bangsa melalui kebijakan kembali kurikulum pendidikan Nasional, memperteguh kebhinekaan dan memperkuat restorasi sosial Indonesia,” urainya.

Dia pun mengatakan, kepala daerah Empat Lawang yang baru nanti, harus memiliki visi dan misi menjalani program yang sudah berjalan saat ini.

“Prioritas utama APBD Tahun 2019 ditujukan untuk Infrastruktur pembangunan, kesehatan, pendidikan dan pertanian. Sektor wilayah dan daerah terpencil menjadi sasaran dalam Program RKPD,” ungkapnya. (10/adv)

Rekomendasi Berita