oleh

Empat KWT Dapat Bantuan Ayam Kampung

LINGGAU POS ONLINE, CURUP – Sedikitnya, Empat Kelompok Wanita Tani (KWT) di Kabupaten Rejang Lebong menerima bantuan ayam kampung dari pemerintah. Bantuan ternak ayam kampung ini berasal dari Kementerian Pertanian RI.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Rejang Lebong, Solahudin melalui Kabid Konsumsi dan Penganekaragaman Pangan Lokal, Sapril Johan, Senin (1/10) mengatakan masing-masing KWT mendapatkan 240 ekor ayam kampung. KWT yang mendapat bantuan yakni berasal dari Desa Rimbo Recap, Desa Sukadatang, Desa Seguring, dan Desa Kampung Delima.

“Nanti bertahap bantuan ayam kampung ini akan diberikan pada KWT, untuk tahap pertama ini ada 4 KWT yang akan menerimanya,” jelas Sapril.

Dipaparkan Sapril, masing-masing KWT beranggotakan lebih dari 8 orang ini selain mendapatkan bantuan ayam kampung juga akan mendapatkan bantuan sejumlah bibit sayur mayur serta Demontration Plot (Demplot) bibit.

“Nanti juga disiapkan polibek dan pupuknya. Kalau untuk bantuan ayam, nanti masing-masing KWT menyiapkan kandang sendiri,” katanya.

Bantuan ternak ayam kampung dan Demplot sayur ini bertujuan untuk pemanfaatan lahan pekarangan yang ada di sekitar rumah. Selain memanfaatkan lahan pekarangan dengan cara beternak ayam yang nantinya bisa dikonsumsi untuk menambah protein warga juga menambah perekonomian keluarga.

“Bantuan ini jangan dikonsumsi dulu, namun dikembangkan dan nanti hasilnya selain bisa dikonsumsi juga bisa dijual untuk menambah pendapatan ekonomi keluarga,”sambungnya.

Untuk bantuan ternak ayam ini, tambah Safril, bisa dimanfaatkan dagingnya untuk penambahan protein maupun memanfaatkan telur yang dihasilkan. (Sam)

Rekomendasi Berita