oleh

Empat Kandidat Calon Kades Sumber Karya Tolak Hasil Pilkades

LINGGAUPOS.CO.ID- Empat kandidat Calon Kepala Desa (Cakades) Sumber Karya Kecamatan STL Ulu Terawas Kabupaten Musi Rawas, menolak hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades).

Mereka menduga ada kesalahan tehnis yang dilakukan pihak penyelengara, dalam melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

“Pada saat penghitungan surat suara, terdapat 607 surat suara yang dinyatakan tidak sah. Padahal surat suara yang tercoblos itu, hanya tercoblos pada bagian belakang yang tidak dibuka keseluruhan oleh pemilih, dan itu dinyatakan tidak sah,”jelas Cakades Maharub didampingi Maryanto kepada linggaupos.co.id, Minggu (11/4/2021).

Dikatakannya, bila mengacu pada Perbup Nomor 11 tahun 2016 Pasal 56 point d menjelaskan kalau tanda coblos lebih dari satu, tetapi masih didalam kolom segi empat yang memuat nomor, foto dan nama calon dinyatakan sah. Dan ini bertolak belakang dengan proses penghitungan suara dalam Pilkades Sumber Karya dimana surat suara yang tercoblos dan tidak memuat calon lain tidak disahkan.

“Ini bertolak belakang dengan Perbub yang sudah dikeluarkan itu, dan itu jelas telah menciderai pelaksanaan demokrasi,”katanya.

Apalagi, disampaikannya ketika dilakukannya proses pemilihan Panitia Pilkades sama sekali tidak melakukan sosialisasi kepada masyarakat, terkait tata cara pencoblosan, karena surat suara yang digunakan itu dilipat tiga, dan mayoritas masyarakat hanya membuka dua lipatan.

“Akibatnya, lipatan ketiga tercoblos secara tidak sengaja, dan itu harusnya sah bila mengacu dalam Perbup. Jadi, berdasarkan temuan ini kami minta untuk dilakukannya proses penghitungan suara ulang, untuk surat suara yang sudah dinyatakan tidak sah tersebut. Karena, tidak disahkannya surat suara itu bertentangan dengan Perbup,”tegasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pilkades Sumber Karya Kecamatan Terawas Wariat, ketika dihubungi beberapa kali ketika berita ini diturunkan tidak merespon telpon dari awak media.(*)

Rekomendasi Berita