oleh

Empat Jemaah Haji Masuk Rumah Sakit

LINGGAU POS ONLINE – Empat orang jemaah haji asal Kabupaten Rejang Lebong tergabung dalam kloter 8 saat ini belum bisa kembali ke Rejang Lebong lantaran sakit. Dari empat orang jemaah haji tersebut dua diantaranya masih berada di Rumah Sakit (RS) Jeddah dan dua lainnya dirawat di RSUD M Yunus Bengkulu.

“Ada empat orang yang masih di rumah sakit, dua di rumah sakit Jeddah dan dua di M Yunus,” kata Kepala Kantor Kememterian Agama (Kemenag) Rejang Lebong, H Lapulangi disela-sela penyambutan jemaah haji kloter 8 di halaman Rumah Dinas Bupati Jalan Sukowati Curup, Minggu (25/8) sekitar pukul 13.00 WIB.

Dijelaskan Lapulangi, dua orang jemaah haji yang sakit dan dirawat di rumah sakit Jeddah atas nama H Ujang Muhammad dan istrinya Hj Rupiah.

“Yang sakit H Ujang, istrinya mendampingi,” papar Lapulangi.

Untuk yang dirawat di RS M Yunus, kata Lapulangi, yakni atas nama H Mamat Ali dan istrinya Hj Tupiah.

“Sama juga, ini yang sakit suaminya, istrinya mendampinginya,” katanya.

Sementara itu, untuk jemaah kloter 12 rencana akan tiba di Rejang Lebong pada tanggal 28 mendatang. Lapulangi memaparkan, jemaah haji Kabupaten Rejang Lebong yang berangkat pada musim haji tahun 2019 ini tergabung dalam dua kloter yakni kloter 8 dan kloter 12 berjumlah 276 orang terdiri dari 234 tergabung pada kloter 8 dan 42 tergabung dalam kloter 12.

“Namun ada jamaah kloter 8 sebanyak dua orang sakit sewaktu sakit sewaktu tiba di asrama Bengkulu dan kemudian digabungkan ke dalam kloter 12, sehingga jumlah kloter 8 menjadi 232 dan kloter 12 menjadi 44 orang,” paparnya.

Jamaah haji Rejang Lebong, sambungnya, pada kloter 8 diberangkatkan pada 13 Juli lalu kembali berjumlah menjadi 232 dan dua meninggal dunia di kloter 12 atas nama Mansur Daud dari Curup Tengah dan Amariah Hasan dari Kecamatan Curup.

“Jadi kloter 12 kembali berjumlah 42 orang,” jelasnya.

Semoga, sambung Lapulangi, jemaah yang telah kembali ke tanah kelahiran bisa berkumpul dengan keluarga dan meraih predikat haji mabrur dan hajah mabruroh.

Sementara itu Bupati Rejang Lebong, A Hijazi yang hadir dalam penyambutan jemaah haji Rejang Lebong kloter 8 ini berharap jemaah haji tersebut nanti bisa berkumpul dan bisa menjadi tauladan bagi masyarakat.

“Alhamdulillah jemaah haji kita bisa kembali berkumpul dengan keluarga da semoga menjadi haji yang mabrur dan mabruroh dan bisa menjadi taulada bai keluarga dan masyarakat,” ungkapnya.

Pantauan di lapangan, jemaah haji tergabung dalam kloter 8 ini tiba di rumah dinas bupati sekitar pukul 13.00WIB. Jemaah dibawa menggunakan kendaraan Bus sebanyak 6 unit dan berkumpul di aula rumah dinas selanjutnya kembali ke rumahnya masing-masing. (*)

Laporan : Syamsul Ma’arif

Rekomendasi Berita