oleh

Empat Desa Langgar Administrasi

Inspektur Muratara, Romsul Panani
“Untuk tahun 2017, dalam penggunaan DD tahap pertama, ada empat desa yang kami berikan surat teguran, lantaran dalam pengerjaan pembangunannya kurang sesuai volume ..”

Realisasi DD Tahap I

LINGGAU POS ONLINE, MURATARA – Seluruh Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Muratara diminta menggunakan Dana Desa (DD) sesuai dengan peruntukannya. Ini disampaikan Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Muratara, Amri Sudaryono, Minggu (7/1).

Selaku komisi yang membidangi DD, Amri Sudaryono mengingatkan para Kades, bahwa DD bukan digunakan untuk memperkaya diri. Tapi untuk masyarakat desa, baik untuk pembangunan maupun pemberdayaan masyarakat. Sehingga meningkatlah kesejahteraan masyarakat desa.

“DD bukan untuk Kades, sudah banyak Kades yang masuk penjara gara-gara menyelewengkan DD, bukan untuk yang seharusnya. Dinas terkait harus tegas dalam pengawasan dan pembinaan Kades dalam penggunaan DD, jangan sampai jadi temuan BPK bahkan KPK,” pesan Amri Sudaryono, kemarin.

Sementara itu sebelumnya, Inspektur Kabupaten Muratara, Romsul Panani mengatakan dalam rangka pembinaan terhadap pemerintah desa dalam hal penggunaan DD di 82 desa di wilayah Kabupaten Muratara.

Dijelaskannya, dalam hal pembinaan Kades dalam hal penggunaan DD, untuk tahap pertama pencairan DD, pihaknya menemukan empat desa yang bermasalah karena kurang volume.

“Untuk tahun 2017, dalam penggunaan DD tahap pertama, ada empat desa yang kami berikan surat teguran, lantaran dalam pengerjaan pembangunannya kurang sesuai volume,” ucapnya.

Kekurangan volume tersebut berdasarkan acuan dalam APBDes mereka.

Saat ditanyakan apa saja keempat desa, tersebut Romsul Panani enggan menyebutkan, hanya mengatakan kecamatannya saja, yaitu dua desa di Kecamatan Rawas Ilir, satu desa di Kecamatan Karang Dapo dan satu desa di Kecamatan Karang Jaya.

“Keempat desa tersebut dianggap melakukan pelanggaran dalam hal administrasi, Mengingat ini merupakan dalam rangka pembinaan tentunya sudah kita peringatkan, dan pembangunan sudah diperbaiki oleh keempat desa tersebut sebagaimana mestinya,” terang dia.(07)

Komentar

Rekomendasi Berita