oleh

Empat Desa Belum Terima DD

LINGGAU POS ONLINE, LAHAT – Desa Kota Raya Darat, Kecamatan Pajar Bulan, tidak menerima Dana Desa (DD) tahun 2017. Apa pasalnya? Lantaran Kades tersangkut masalah hukum atas pengelolaan DD.

Namun, dari 360 desa di 24 kecamatan, bukan saja Desa Kota Raya Darat, yang belum menerima DD, empat desa lain juga mengalami hal yang sama.

Meski empat desa, masing-masing Desa Petikal Baru dan Cempaka Sakti, Kecamatan Kikim Timur, Bangke Kecamatan Kota Agung, dan Sungai Laru Kecamatan Kikim Tengah, hanya belum menerima DD tahap II, sebesar 40 persen, atau sekitar Rp 200-Rp 300 juta.

“Ada temuan Inspektorat di lapangan yang belum ditindaklanjuti,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Lahat, Fauzan Khoiri, melalui Kabid Pengelolaan Keuangan dan Aset Desa, Elsye Hartuti.

Atas temuan Inspektorat yang belum ditindaklanjuti desa tersebut,  konsekuensinya DD belum dicairkan. Hanya saja masih diberikan waktu hingga akhir Desember 2017, untuk menindaklanjuti laporan dari Inspektorat dimaksud.

“Camat masing-masing, diteruskan ke Kades, masalah yang ada dapat segera diselesaikan,” harapnya.

Sekda Lahat, H Haryanto SE, MM, MBA berharap seluruh desa dapat mencairkan DD. Sehingga alokasi tahun 2018, tidak mengalami pengurangan.

“Bila ada DD yang mengendap di kas daerah, tahun depan DD kita akan dikurangi. Karena sudah ada dana yang menunggu di kas daerah,”  jelas Haryanto. (02)

Komentar

Rekomendasi Berita