oleh

Empat Bulan, Kades-Perangkat Tak Terima Honor

Kabid Pemerintah Desa, Ridho Oktaviaro
Honor Kades dan Perangkat Desa tinggal empat bulan terakhir yaitu September, Oktober, November dan Desember 2017. Bulan September ada sudah mengajukan, ada yang belum…”

LINGGAU POS ONLINE, EMPAT LAWANG – Kabar mengejutkan. Hingga pertengahan November 2017, baru beberapa desa mengajukan pencairan honor Kepala Desa (Kades) dan perangkat desa se-Kabupaten Empat Lawang, untuk empat bulan terakhir ini.

“Honor Kades dan Perangkat Desa tinggal empat bulan terakhir yaitu September, Oktober, November dan Desember 2017. Bulan September ada sudah mengajukan, ada yang belum,” ungkap Kepala Dinas DPMDP3A Empat Lawang, Kipli melalui Kabid Pemerintah Desa, Ridho Oktaviaro, Jumat (16/11).

Pihaknya, sudah melakukan koordinasi keseluruh Camat se-Kabupaten Empat Lawang, agar memerintahkan seluruh Kades di wilayahnya masing-masing secepat mungkin mengajukan SPJ untuk honor Kades dan perangkat desa.

“Kita sudah rapat dengan seluruh camat, dan kita minta mereka memerintahkan para Kades untuk pengajuan honor Kades dan Perangkat Desa ini,” kata dia.

Sebenarnya, kata Ridho, pencairan honor kades dan perangkat desa, tidak ada masalah jika para kades mengikuti aturan sudah dibuat pemerintah.

“Permasalahannya itu ada di mereka. Karena mereka lambat menyampaikan laporan, maka pencairan terlambat. Jika mereka cepat pencairannya juga cepat,” jelasnya.

Ridho menjelaskan, apabila para Kades membuat laporan selama tiga bulan, berarti mereka mengajukan pencairan untuk tiga bulan. Apabila mereka mengajukan laporan satu bulan, berarti untuk pencairan satu bulan.

“Salah satu penyebab keterlambatan laporan dari mereka itu, keterbatasan SDM, itu saja permasalahannya,” imbuhnya. (04)

Komentar

Rekomendasi Berita