oleh

Elektabilias Dodi-Giri Unggul

DI Lubuklinggau-Mura-Muratara

LINGGAU POS ONLINE, JAWA KANAN SS – Tim riset Fakultas Ilmu Politik Ilmu Sosial (FISIP) Universitas Musi Rawas (Unmura), pastikan Elektabilitas Pasangan Calon (Paslon) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Dodi-Giri, mampu saingi lawannya, yakni Paslon Herman Deru-Mawardi Yahya (HDMY).

Hal itu berdasarkan hasil survei persepsi warga masyarakat, terhadap pelaksanaan Pilkada Sumsel 2018, yang dipaparkan langsung Dekan FISIP Unmura M. Fadhillah Harmawansyah didamping Anton Mardoni. Tim riset dalam pertemuan, Auditorium Hotel SMart, Kamis (26/04) siang.

Dijelaskan Fadhillah, semua berdasarkan hasil survei tim yang turun langsung selama dalam kurun waktu 2-20 April 2018. Bersama juga dengan penerapan metode, kuisioner dan wawancara langsung bersama penarikan sampel multistage random sampling.

Setidaknya dari 2.156 responden dan margin error 10, 87 %. Didapatkan hasilnya, elektabilitas Paslon Gubernur Dodi Reza Alex Noerdin-Giri Ramanda Kiemas mampu saingi Paslon Herman Deru-Mawardi Yahya (HDMY).

“Semua kalau untuk hasil survei kita lakukan dengan turun lakukan pertanyaan langsung kepada sebanyak 2156 jiwa warga berada tiga wilayah, Lubuklinggau, Musi Rawas dan Muratara. Semua finalnya pada 20 April 2018, dengan persentasi elektabilitas Paslon Cagub Cawagup Sumsel Dodi-Giri, mulai kota Lubuklinggau sebesar 26,2 %, Musi Rawas 27, 7 %, Muratara 87,7 %, disusul barulah paslon HDMY 14,4 % untuk Kota Lubuklinggau, 16,1 % di Kabupaten Musi Rawas, dan wilayah Muratara dengan 24,9 %,”terangnya.

Sedangkan, sambung pria berkacamata ini menambahkan, untuk Paslon lainnya, Ishak Mekki-Yudha Mahyudin dengan persentase di Kota Lubuklinggau 9,6 %, 13,4 % Musi Rawas dan 12,9 % Muratara, Adapun untuk di posisi keempat pasangan Syaifuddin Aswari Rivai-Irwansyah dengan persentase 8,9 % untuk Kota Lubuklinggau, 6,2 % di Musi Rawas dan 10 % di Muratara.

Sementara, hadir langsung salah satu pasangan yakni calon Wakil Gubernur Giri Ramanda Kiemas memberikan apresiasi kepada pihak FISIP menyelenggarakan survei.

Dengan sistem kuisioner langsung ke warga masyarakat. Menanggapi hasilnya, pihaknya bersama tim tidak lekas bangga. Melainkan, segera lakukan evaluasi melakukan pembenahan, menitik beratkan tingginya ketidaktahuan masyarakat adanya Pilgub. Sehingga masih harus terus kerja keras.

“Kita sangat apresiasi hasil survei. Apalagi, semua hasil yang memang hasil tinjauan turun langsung lapangan, kita pasangan Dodi-Giri posisi teratas. Walau sudah tinggi kita akan tetap optimalkan dan untuk tiga wilayah Musi Rawas, Lubuklinggau dan Muratara (MLM) kita yakin minimal kita menang paling tidak 40 %,” tandasnya.(11)

Rekomendasi Berita