oleh

Ekstrakulikuler Jurnalis MAN 1 Punya Tiga Divisi

LINGGAU POS ONLINE, KALI SERAYU –Saat ini kehidupan masyarakat tidak dapat lagi dilepaskan dari kegiatan jurnalistik atau pers. Dan di beberapa sekolah pun ada yang dengan intens membekali siswa-siswinya ilmu jurnalistik dan bahkan membentuk ekstrakulikuler jurnalistik.

Salah satunya adalah ekstrakulikuler Jurnalistik MAN 1 Model Lubuklinggau yang dibentuk tahun 2015 dan aktif sejak tahun 2016 yang dibina langsung salah satu guru TIK MAN 1, Dedi Heriansyah.

Kepada Linggau Pos, Pembina Jurnalistik MAN 1 Model Lubuklinggau Dedi Heriansyah mengungkapkan ekstrakulikuler Jurnalistiknya memiliki tiga divisi yakni Divisi Liputan dan Reporter, Divisi Editing Video, dan Divisi Mading dan Majalah Sekolah.

“Jadi sebanyak 29 siswa yang tergabung di dalam ekstrakulikuler ini kita bagi menjadi tiga divisi sesuai dengan hobi dan bakat siswa masing-masing anggota Jurnalistik,” ungkapnya.

Dedy juga menjelaskan dalam penulisan berita, ia tidak pernah memaksa anggotanya untuk selalu menulis dan mengirimkan berita.

“Tetapi, mungkin karena semangatnya mereka gabung di Jurnalistik, setiap hari mereka rutin menyetor berita. Dan berita yang masuk selalu kita kirim ke website Kemenag Sumsel untuk di seleksi pihak provinsi. Dan berita yang bagus menurut mereka akan diterbitkan di website resmi Kemenag Sumsel, kemudian menjadi penilaian mereka untuk lomba web yang dilaksanakan tiap tahunnya,” jelasnya.

Lanjutnya, untuk rapat layaknya rapat redaksi, tim Jurnalistik MAN 1 melakukannya setiap hari Rabu, sekaligus mereka diberikan pemahaman dan bimbingan serta motivasi dari pembina Jurnalistik. Dan Para jurnalis MAN 1 juga diberi kesempatan untuk menyampaikan ide tema mingguan dan ide kreatif mereka untuk kemajuan Jurnalistik MAN 1 kedepannya.

Tidak hanya aktif menulis, Jurnalistik MAN 1 ini selalu aktif meliput setiap kegiatan yang dilaksanakan di dalam dan di Luar sekolah. Sedangkan untuk berita liputan videonya mereka selalu mengunggahnya di Youtube Resmi MAN 1 Model Lubuklinggau, agar bisa dilihat siswa-siswi maupun guru MAN 1 Lubuklinggau.

“Saya berharap siswa siswi angota Jurnalistik MAN 1 terus aktif dan bisa terus belajar dalam menulis berita dan melaporkan peristiwa saat menjadi reporter. Saya yakin kalian bisa membuat Jurnalistik MAN 1 lebih baik lagi kedepannya,” ungkapnya.

Di samping mengajari menulis, Dedi menambahkan ekstrakulikuler jurnalistik juga bisa melatih anak tampil lebih berani. Karena diantara materi jurnalistik adalah hunting (memburu) berita. Dalam mencari berita, anak harus berani wawancara dengan narasumber dari berbagai profesi.

“Di sisi lain, ekstrakulikuler jurnalistik juga mengajari anak agar lebih kritis terhadap apa yang terjadi di lingkungan. Dengan kata lain anak akan tanggap apa yang terjadi di sekitarnya kemudian direfleksikan dalam bentuk tulisan mereka,” tuturnya. (AE02)

Komentar

Rekomendasi Berita