oleh

Eksperimen Gagal Valverde

Sevilla 2 vs Barcelona 0

SEVILLA – Barcelona gagal menaklukkan tuan rumah Sevilla di leg pertama babak perempat final Copa del Rey, yang mengambil tempat di Stadion Ramon Sanchez Pizjuan.

Skuad arahan Ernesto Valverde itu harus mengakui keunggulan Sevilla, yang tampil jauh lebih agresif, dengan 18 serangan, tiga di antaranya mengarah ke gawang Barca yang dikawal kiper asal Belanda, Jasper Cillessen.

Gol pembuka Sevilla datang dari Pablo Sarabia yang bermain sebagai gelandangan serang. Tendangan voli kaki kanan pemain berusia 26 tahun itu, tidak mampu diantisipasi Cillessen, yang gagal membacaca arah serangan pemain Spanyol tersebut.

18 menit berselang, Cillessen kembali dipermalukan tuan rumah, setelah gawangnya di bobol Wissam Ben Yedder, yang memaksimalkan umpan datar Ever Banega yang memotong beberapa pemain bertahan Barca. Skor 2-0 untuk kemenangan Sevilla.

Ada beberapa catatan menarik yang dilakukan Valverde dalam laga tersebut. Selain sengaja tidak membawa Lionel Messi ke Sevilla, manajer berusia 54 tahun itu melakukan beberapa eksperimen dengan deretan pemainnya.

Selain tidak mengandalkan Messi, eks pelatih Atletic Bilbao itu menempatkan pemain baru mereka, Kevin-Prince Boateng sebagai starter di depan, bersama dengan Malcom di kanan dan Semedo yang bermain justru di sisi kiri lapangan.

Valverde juga mempercayakan pemain muda mereka, Carles Alena sebagai starter di tengah. Luis Suarez yang merupakan pencetak gol tersubur nomor dua Barca dan Liga Spanyol saat ini, hanya dipercaya untuk mengisi bangku cadangan pemain.

Azulgrana sebenarnya punya peluang manis untuk menciptakan gol dari kaki kiri Boateng, yang sempat merangsek ke dalam kotak pertahanan lawan, dan head to head dengan kiper Juan Soriano. Sayang, tendangan eks pemain Schalke 04 itu masih melebar di sisi kanan gawang.

Kedua tim dijadwalkan akan kembali bertemu dalam leg kedua, perempat final Copa del Rey, pada hari Kamis (31/1) dini hari WIB, dengan Barcelona bertindak sebagai tuan rumah di Camp Nou.(ruf/fin/wsa)

Rekomendasi Berita