oleh

Ekonomi Pengaruhi Tingkat Kriminalitas

Analisa Penyebab Kejahatan Tinggi

Kapolres Empat Lawang AKBP Bayu Dewantoro SIK menyatakan, bahwa faktor ekonomi memengaruhi tingkat kriminalitas di ‘Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati’. Apalagi analisanya?

Muhammad Iqbal Bakti, Tebing Tinggi

Pernyataan Bayu ini disampaikan saat acara Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Kabupaten Empat Lawang, Sabtu (4/11) di Guest House Rumah Dinas (Rumdin) Bupati.

“Kenapa pada Triwulan I setiap tahun angka kriminalitas tinggi, karena awal tahun itu memasuki musim paceklik. Karenanya faktor ekonomi mempunyai pengaruh terhadap tingkat kriminalitas di Kabupaten Empat Lawang,” ungkap Bayu.

Pihaknya, kata Bayu, telah memiliki beberapa sistem untuk menekan angka kriminalitas. Antaranya yakni Kegiatan Kepolisian Yang Ditingkatkan (K2YD).

“Kita akan selalu meningkatkan seluruh kegiatan polisi seperti, jika satu hari itu melaksanakan dua kali patroli di K2YD ini kita lakukan empat kali, ditambah juga dengan patroli jarak jauh,” jelasnya.

Sebenarnya lanjut Bayu, permasalahan keamanan ini bukan hanya tugas polisi, melainkan tugas seluruh masyarakat.

“Percuma saja seluruh sistem dan program polisi yang ada jika tidak didukung masyarakat. Yang penting itu moral dari masyarakat sendiri dan peran aktif masyarakat,” imbuhnya.

Bayu menuturkan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang sendiri telah berupaya membantu pihaknya dalam meningkatkan keamanan di Kabupaten Empat Lawang.

“Kita dapat bantuan sembilan unit mobil dari Pemkab Empat Lawang. Mobil itu berstatus pinjam pakai, nantinya akan dipergunakan untuk setiap Polsek yang ada di Kabupaten Empat Lawang,” tuturnya.

Berdasarkan paparan Kapolres Empat Lawang, tahun 2017 pada Triwulan I terdapat 84 kejadian, lalu Triwulan II sebanyak 44 kejadian, dan Triwulan III sebanyak 53 kejadian. Sedangkan kasus yang berhasil diungkap pada Triwulan I 29 kejadian, lalu Triwulan II 39 kejadian, dan Triwulan III 38 kejadian. (*)

Komentar

Rekomendasi Berita