oleh

Edukasi Lalu Lintas untuk Siswa SMKN Pertanian Pastikan Disiplin dalam Berkendara

LINGGAU POS ONLINE Sebagian besar dari 340-an siswa-siswi SMKN Pertanian Musi Rawas (Mura) adalah pelajar dari Kecamatan Tugumulyo dan sekitarnya. Mereka menempuh perjalanan dari rumah ke sekolah menggunakan sepeda motor. Maka sekolah memberikan perhatian khusus tentang ini.

Laporan Sulis, Lubuklinggau

PERHATIAN yang diberikan itu, berwujud kerja sama yang erat dengan Polres Mura. Secara rutin Anggota Polres Mura datang ke SMKN Pertanian Musi Rawas untuk mengedukasi peserta didik, agar jadi pengendara yang disiplin.

Seperti yang dilakukan anggota Satlantas Polres Mura, H Nafit pekan lalu. Selain mengingatkan siswa-siswi untuk menghindari narkoba, ia juga mengingatkan kembali agar pelajar SMKN Pertanian Mura taat saat berlalu lintas.

“Sebagian besar kecelakaan dialami oleh anak-anak sekolah. Maka, sebelum berkendara, pastikan kendaraan kalian lengkap spionnya dan pakai helm. Jangan nekat,” pesan Nafit.

Selain itu, siswa diminta tak ugal-ugalan di jalan.

“Jangan terburu-buru berangkatlah ke sekolah lebih awal. Tak apa lambat, asal selamat asal sampai tujuan,” pesan dia.

Kepala SMKN Pertanian, H Yusep Mubarok bersyukur kerjasama ini bisa terjalin maksimal.

“Kami ingin anak-anak kami diedukasi. Maka kami bekerja sama dengan Mapolres Mura. Pembinaannya kadang dilakukan saat upacara. Namun, terkadang juga kami kumpulkan anak-anak, sehingga bisa mendengarkan motivasi dan wejangan dari pak Polisi,” imbuhnya.

Selain edukasi semacam ini, SMKN Pertanian Mura ternyata juga menyediakan tempat parkir motor siswa secara khusus agar aman.

“Tenpat parkir itu dibuka sebelum pukul 07.30 WIB, kalau sudah lebih dari itu, tutup. Buka lagi pukul 15.00 WIB sebelum pulang. Dengan begini, anak bisa disiplin. Saat KBM tidak ada siswa yang keluar masuk pakai kendaraan,” jelasnya.(*)

 

Rekomendasi Berita