oleh

Edufair SMA Xaverius Diikuti 15 Kampus Bonafit

LINGGAU POS ONLINE, SIDOREJO – Lagi, SMA Xaverius menyelenggarakan Pentas Seni dan Edufair. Tahun keempat ini, ada 15 kampus yang ikut serta dalam Edufair. Diantaranya, Matana University, Unika Musi Charitas, Pradita Institute, Universitas Multimedia Nusantara, Universitas Kristen Petra, Universitas Tarumanegara, Universitas Sanata Dharma, Amikom Yogyakarta, Universitas Universal, STIE MDP Palembang, Universitas Atmajaya, Binus University, STIKES Borromeus Bandung dan Universitas Bunda Mulia.

Kegiatan yang disupport BPJS Kesehatan, City Hotel dan Honda Utama Motor Lubuklinggau itu dibuka Koordinator Pengawas SMA-SMK Disdik Provinsi Sumsel Agustaman, disaksikan ratusan siswa-siswi SMA Xaverius dan SMA-SMK se-Kota Lubuklinggau, Jumat (3/11).

Edufair IV masih berlangsung sampai hari ini, Sabtu (3/11). Sehingga, kata Kepala SMA Xaverius Lubuklinggau IG Maryanto seluruh peserta didik di Kota Lubuklinggau bisa memanfaatkan waktu untuk datang ke SMA Xaverius dan konsultasi maupun tes langsung untuk masuk kampus-kampus swasta bonafit ini.

“Jadi siswa tak sekedar melihat jurusan apa yang ada di kampus-kampus ini. Namun siswa juga bisa mendapatkan informasi lengkap mengenai beasiswa, juga sistem pembiayaan kuliah di kampus-kampus tersebut. Bahkan, ada yang langsung tes dan dinyatakan masuk. Saya berharap kegiatan ini bisa bermanfaat bagi siswa-siswi SMA Xaverius khususnya kelas XII, juga siswa-siswi SMA-SMK di Kota Lubuklinggau dan sekitarnya. Jadi untuk dapat informasi dari kampus-kampus di Pulau Jawa maupun Palembang, peserta didik tidak harus ke sana, cukup ke datang ke Edufair SMA Xaverius, bisa dapat informasi yang lengkap,” terang IG Maryanto.

Tema yang diangkat siang itu ‘Mulailah masa depan anda dengan pendidikan yang baik’. Selaras dengan tema tadi, diharapkan bisa memotivasi pelajar untuk sungguh-sungguh dalam mempersiapkan diri memasuki jenjang perkuliahan, agar masa depan yang dicapai sesuai dengan yang diharapkan.

Acara yang dipandu Intan Tea (Runner Up Wajah Linggau Pos 2017 – Siswi Kelas XII.IPA.2) dan D. Gusti Wihardani (Ketua OSIS SMA Xaverius – Siswa Kelas XI. IPA) ini juga dihadiri beberapa orang tua wali. Yang sengaja datang untuk mendapatkan informasi mendetail tentang kampus yang akan jadi tujuan putra-putrinya melanjutkan kuliah.

Apresiasi disampaikan Agustaman, karena SMA Xaverius konsisten setiap tahun menyelenggarakan kegiatan ini.

“Ini sangat membantu peserta didik kita. Dengan harapan, semakin mudah menjangkau akses informasi kampus-kampus bonafit, maka peserta didik dari Kota Lubuklinggau bisa lebih maksimal dalam menentukan pilihan untuk kuliah di mana. Dengan begini juga, besar peluang bagi alumni SMA-SMK di Kota Lubuklinggau mendapatkan beasiswa. Bahkan saya dengar tadi, banyak yang menawarkan beasiswa 100 % untuk yang berprestasi baik bidang seni, olahraga, maupun sains. Ini peluang. Jadi tolong dimanfaatkan dengan baik,” pesannya.

Sementara Alex, Guru Bimbingan Konseling (BK) SMA Xaverius menjelaskan, dari Edufair ini sebagaimana tiga tahun sebelumnya 75 % alumni SMA Xaverius biasanya terserap ke kampus-kampus yang ikut serta dalam Edufair.

“Tahun ini, kita akan meluluskan 135 siswa. Biasanya lebih dari 75% memang sudah pendekatan bahkan diterima di kampus-kampus yang ikut Edufair SMA Xaverius. Kegiatan ini tidak sekadar menghemat biaya, tapi mempermudah kampus-kampus ternama ini dalam sosialisasi. Sebab biasanyakan satu-satu datang ke sekolah untuk sosialisasi. Ini dinilai kurang efektif. Maka diselenggarakanlah Edufair ini,” jelas Alex.

Untuk semester I ini memang siswa-siswi SMA Xaverius akan dikenalkan dengan kampus-kampus swasta. Nanti pada semester II biasanya sekolah akan memperkenalkan kepada siswa-siswi kelas XII tentang Perguruan Tinggi Negeri (PTN) berikut sistem seleksi masuknya.

“Kegiatan ini tidak selesai dua hari saja. Usai penutupan, akan ada follow up. Memang siswa-siswi nanti konsultasinya ke Bimbingan Konseling. Nah, biasanya PTS yang ikut Edufair ini akan meninggalkan formulir pendaftaran maupun leaflet. Jadi siswa-siswi tetap bisa dapat informasi dari saya,” jelasnya.

Kegiatan ini juga dimeriahkan dengan Tari Sambut Silampari, serta Teater Laskar Pelangi, yang mengajak pelajar Lubuklinggau tetap semangat belajar, sekalipun di tengah keterbatasan fasilitas.(05)

Komentar

Rekomendasi Berita