oleh

Dukungan Politik Tetap Diharapkan

Analisa Pengamat Politik

PENGAMAT Politik, Joko Siswanto menegaskan dukungan politik dari masing-masing Parpol menjadi salah satu pertimbangan Bakal Calon (Balon) Walikota dan Wakil Walikota.

Meskipun dua kandidat sudah memenuhi persyaratan ‘kursi’, namun dukungan dari Parpol yang belum mengeluarkan SK tetap diharapkan kandidat.

“Ketika incumbent sudah mengantongi 5 SK dari Parpol, tentunya dukungan dari 4 Parpol yang belum mengeluarkan SK tetap diharapkan. Begitupun dengan lawannya,” kata Joko, Sabtu (11/11).

Karena kedepan, dukungan politik sangat dibutuhkan kandidat yang menang.

“Kalau tidak, akan menjadi hambatan kedepannya saat menjalankan roda pemerintahan. Ketika Parpol tidak mendukung, maka mereka cenderung tidak pro dengan kebijakan pemerintah. Sehingga dikhawatirkan, akan terjalin hubungan politik yang kurang harmonis antara legislatif dan eksekutif. Untuk itu semakin banyak dukungan Parpol, semakin baik meskipun dengan dua Parpol sudah bisa mengantarkan mereka menjadi calon Wako dan calon Wawako,” ungkapnya.

Selain itu, tentunya memiliki peluang yang cukup besar.

“Logikanya saja, ketika Parpol yang mendukung banyak. Maka, banyak juga kader masing-masing Parpol yang mendukung. Karena kalau didukung oleh banyak Parpol namun perolehan suara sedikit, artinya kader Parpol yang mengusung tidak bekerja dan tidak patuh terhadap perintah DPP mereka,” tegasnya.

Sementara keempat Parpol yang belum menyatakan sikap, sudah pasti mengarah ke kandidat yang memiliki peluang besar.

“Parpol, otomatis mendukung kandidat yang menang. Secara logika kandidat yang sudah mendapat dukungan Parpol lebih banyak, yang mempunyai peluang yang besar. Maka wajar, mereka lebih mengarah ke pasangan incumbent,” jelasnya. (09)

Komentar

Rekomendasi Berita