oleh

Dua Terdakwa Dituntut 6 Tahun Penjara

LUBUKLINGGAU – Jaksa Penuntut Umum (JPU), Rodianah SH menuntut Zami Apriyanto (33) dan Hendra (29) warga Desa Rantau Jaya Kecamatan Karang Jaya Kecamatan Musi Rawas Utara (Muratara) selama enam tahun penjara.

Keduanya dituntut seberat itu, karena dinyatakan memiliki Narkotika jenis sabu seberat 0,139 gram. Tuntutan tersebut dibacakan JPU di ruang sidang Cakra Pengadilan Negeri Lubuklinggau, Rabu (19/12).

Sidang kasus ini dipimpin Hakim Ferdinaldo SH,MH didampingi Hakim Anggota Hendri Agustian SH,MH dan Tatap Situngkir SH, serta Panitera Pengganti (PP) Harmen SH.

Menurut JPU keduanya, terdakwa melanggar Pasal 112 ayat (1) Undang-Undang (UU) No. 36 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Adapun hal yang memberatkan, perbuatan terdakwa melanggar kebijakan pemerintah yang lagi gencar–gencarnya memberantas peredaran narkoba. Sedangkan hal yang meringankan bahwa terdakwa mengakui dan menyesali perbuatannya.

Atas tuntutan tersebut, kedua terdakwa menyampaikan permohonan agar hukuman diringankan. Selain itu ia menyesali perbuatannya. Kemudian sidang ditunda hingga 26 Desember 2018, dengan agenda putusan.

Dari dakwaan JPU, terungkap kedua terdakwa ini duduk di kursi pesakitan, Selasa 23 September 2018 sekitar pukul 10.00 WIB, anggota Polres Musi Rawas mendapat informasi dari masyarakat.

Bahwa Zami Aprianto sering menjual Narkotika jenis sabu di Desa Rantau Jaya Kecamatan Karang Jaya Kabupaten Muratara.

Mendapat informasi tersebut, petugas melakukan penyelidikan, alhasil 25 September 2018 sekitar pukul 16.00 WIB, petugas menuju lokasi dan langsung melakukan penangkapan terhadap Zami Aprianto.

Kemudian petugas melakukan penggeledahan, ditemukan satu plastik bening yang berisikan empat plastik bening kecil, yang berisikan Narkotika jenis sabu, ditemukan petugas di samping rumah Zami.

Dari pengakuan Zami, jika barang bukti tersebut didapatkan dari Hendra dengan cara meminta tolong dengan Hendra untuk membelikan Narkotika jenis sabu seharga Rp1 juta, lalu sekitar pukul 13.00 WIB, Hendra tiba di rumah Zami dengan membawa empat plastik klip bening Narkotika jenis sabu.

Kemudian, keduanya mengonsumsi sabu tersebut secara bersama-sama, setelah puas, Hendra menyimpan empat bungkus sisa sabu tersebut ke dalam plastik permen, yang diletakkan sebelah rumah yang ditutupi batok kelapa.

Bahwa kedua terdakwa ini, tidak memiliki izin dari lembaga yang berwenang atas kepemilikan Narkotika jenis sabu.(cw1)

Rekomendasi Berita