oleh

Dua Sungai di Muratara Meluap, Warga Diminta Waspada

LINGGAUPOS.CO.ID – Dua aliran sungai di wilayah Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) meluap, warga hilir sungai diminta waspada. Apalagi dua daerah langganan banjir, sudah mulai terendam.

Qodri warga Desa Noman Lama, Kecamatan Rupit, menuturkan, saat ini kedalaman aliran sungai di Desa mereka sudah mulai menurun. Otomatis akan terjadi penumpukan di bagian hilir sungai sehingga menimbulkan potensi bencana banjir, di wilayah kecamatan Karang Dapo dan Rawas ilir.

“Pagi tadi air sempat dalam, mulai dari kemarin karena di bagian hulu hujan airnya ke hilir. Sekarang di tempat kami air sungai sudah mulai surut, tapi tidak tahu kalau hujan lagi di hulu sungai otomatis kedalaman sungai akab meningkat lagi,” katanya.

Akibat derasnya intensitas hujan yang terjadi selama dua hari terakhir, sebagian permukiman warga khususnya di wilayah Desa Bingin Rupit, Kecamatan Rupit, Muratara mulai terendam banjir dengan batas ketinggian setengah meter hingga semata lutut orang dewasa.

Sementara itu, Indrayani warga Desa Mandi Angin, Kecamatan Rawas Ilir mengungkapkan sejak kemarin wilayah mereka sudah mulai terjadi banjir akibat luapan dua aliran sungai itu.

Meningkatnya debit aliran sungai mulai terjadi sejak siang-sore hari. pihaknya berharap hujan tidak kembali terjadi di bagian hulu sehingga tidak menimbulkan potensi banjir yang lebih besar.

“Iya sekarang di desa sudah mulai banjir, di tempat kami akses jalan kalau banjir selaku tergenang dan susah dilintasi,”ucapnya.

Dia mengungkapkan, biasanya ada lima titik akses jalan lintas kecamatan, antara Desa Mandi Angi-Bingin teluk yang sering kebanjiran.

“Tapi masalah banjir ini sudah terjadi puluhan tahun lalu. Masyarakat kami sudah terbiasa dan tidak aneh lagi. Cuma kita berharap banjir yang terjadi tidak terlalu ekstrem seperti tahun sebelumnya,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala BPBD kabupaten Muratara Syarmidi membenarkan adanya peningkatan debit dua aliran sungai di Muratara, sungai Rupit dan Sungai Rawas. Dia meminta masyarakat yang tinggal di sepanjang aliran sungai Rupit dan sungai Rawas agar selalu waspada.

“Kami imbau warga agar tetap waspada, mengingat potensi hujan terus meningkat dalam beberapa waktu terakhir,” tegasnya, Rabu (25/11/2020). (*)

Rekomendasi Berita