oleh

Dua Napi di Tebing Tinggi Bebas

107 Napi Dapat Remisi

LINGGAU POS ONLINE – Sebanyak 107 narapidana (napi) akan mendapat remisi umum. Pengurungan hukuman itu diberikan pada momen HUT ke -74 Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2019 medatang.

Ini diungkapkan Kepala Cabang Rumah Tahanan (Rutan) Tebing Tinggi, Yudhi Khairudin melalui Kasubsi Pelayanan Tahanan dan Pengelolaan, Sukma Amri, Senin (12/8).

“Jadi dari 182 napi, 107 orang mendapat remisi 17 Agustus nanti,” imbuhnya.

Menurut Sukma Amri, ada dua napi dapat remisi bebas dan sisinya hanya mendapat remisi pengurangan masa tahanan. Mereka yang dapat remisi ini karena berkelakuan baik dan sudah dipidana minimal selama enam bulan.

“Untuk yang dikurangi selama satu bulan ada 35 orang, yang dikurangi dua bulan 28 orang, dikurungi tiga bulan 31 orang, dan empat bulan delapan orang serta yang mendapatkan pengurangan selama lima bulan sebanyak lima napi,” ungkapnya

Rencananya kata Sukma Amri, pemberian remisi tersebut akan diberikan secara simbolis oleh Bupati Empat Lawang, H Joncik Muhammad.

“Rencananya sesudah upacara HUT RI bupati langsung yang akan memberikan remisi 17 Agustus,” imbuhnya.

Selain remisi umum, para napi juga bisa mendapatkan remisi khusus yaitu pada hari raya atau hari besar tertentu.

“Remisi khusus itu biasanya diberikan saat Idul Fitri. Tapi kalau Hari Raya Idul Adha ini tidak ada napi yang mendapat remisi karena memang tidak ada aturannya,”imbuh dia. (key)

Rekomendasi Berita