oleh

Dua Kades Mengundurkan Diri

LINGGAU POS ONLINE, CURUP – Dua orang Kepala Desa (Kades) yang ikut mencalonkan diri dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 mendatang diusulkan mundur dari jabatannya. Dua Kades tersebut, yaitu Kades Air Lanang dan Air Meles Atas.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Rejang Lebong, Gunawan Firmansyah masih ada satu Kades lagi belum mengajukan pengunduran diri.

“Kalau urutannya dari bawah dulu, dari BPD-nya rapat dulu, rapat memberhentikan Kades, kemudian rapat mengangkat PJS Kades,” jelasnya.

Menurut Gunawan Firmansyah, permohonan mundur dari jabatannya, tentunya ditujukan kepada Bupati. Mengingat kewenangan mengangkat dan memberhentikan Kades yakni Bupati, sesuai dengan Perda nomor 8 tahun 2015.

Ia menambahkan, untuk perangkat desa lain yang ikut Pileg 2019 masih akan dicek kembali.

“Masih kita cek, dari KPU sudah mengirimkan daftar Caleg, nanti akan kita lihat berkas Kades untuk disandingkan, nanti akan ketahuan siapa yang mencalon,” katanya.

Menurutnya, jika persyaratan lengkap akan cepat dilakukan proses.

“Urutanya dari BPD, ke Camat, ke PMD kemudian ke Bupati, kewenangan di Bupati,” tambahnya.

Terpisah, Ketua KPU Rejang Lebong, Restu Wibowo membenarkan jika ada perangkat desa yang ikut dalam pencalonan Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019.

“Kalau tidak salah Kades Air Lanang dan Kades Air Meles Atas. KPU hanya minta surat pengunduran diri bersangkutan dilampirkan tanda terima pengunduran diri dari yang berwenang, dan sekarang dalam proses,” kata Restu.

Ditambahkan Fahamsyah, Komisioner KPU Rejang Lebong, surat pemberhentian pengunduran diri Kades, paling lambat disampaikan satu hari sebelum ditetapkan Daftar Calon Tetap (DCT).

“Penetapan DCT pada 20 September, jadi 19 September sudah harus diberhentikan,” katanya.(09)

Rekomendasi Berita