oleh

Dua Hari Lagi Paslon ‘Perang’ Visi-Misi

“Jumlah massa pendukung masing-masing pasangan calon Walikota-Wakil Walikota Lubuklinggau yang bisa masuk ke lokasi debat hanya 50 orang,” kata komisioner Divisi SDM dan Parmas KPU Kota Lubuklinggau, Deby Arianto.

LINGGAU POS ONLINE, KAYU ARA – Dua hari lagi calon Walikota-Wakil Walikota Lubuklinggau ‘perang’ visi-misi. Mereka akan mempertahankan visi-misi yang sudah disosialisasikan dalam debat kandidat putaran kedua, di Gedung Bagasraya, Kelurahan Lubuk Kupang, Kecamatan Lubuklinggau Selatan II, pukul 08.00 WIB, Sabtu (23/6).

Dalam debat kandidat putaran kedua ini, KPU Kota Lubuklinggau mengambil tema ”Ekonomi dan Pembangunan Good Governance”. Dengan sub tema, kebijakan penegakan hukum dan tenaga kerja, kemudian kebijakan bidang usaha mikro menengah dan koperasi. Selanjutnya, kebijakan tentang penanaman modal dan investasi bidang infrastruktur prasarana wilayah dan keuangan daerah, dan kebijakan dibidang pertanian, perkebunan dan perikanan. Hal ini disampaikan komisioner Divisi SDM dan Parmas KPU Kota Lubuklinggau, Deby Arianto, Rabu (20/6).

Menurut Deby, pelaksanaan debat juga berbeda dari sebelumnya, karena akan melibatkan beberapa unsur masyarakat, mulai tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, organisasi masyarakat, organisasi kepemudaan, mahasiswa dan siswa. Maka, jumlah massa pasangan calon Walikota-Wakil Walikota yang bisa masuk ke ruangan tempat dilakukannya debat masing-masing 50 orang.

“Sengaja jumlah massa pendukung pasangan calon dipangkas, karena arah pilihan mereka sudah jelas,” kata Deby Arianto.

Sementara, tujuan dilakukannya debat kandidat untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya. Karena, dengan dijabarkannya visi dan misi dari masing-masing pasangan calon dapat memikat hati masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya. Misalnya, ada salah satu program yang sangat dibutuhkan masyarakat, maka ketika masyarakat mendengar program yang disampaikan pasangan calon, otomatis mereka akan menggunakan hak pilihnya, karena ada program yang mereka butuhkan.

Dilanjutkan Deby Arianto, mengenai persiapan teknis kedatangan pasangan calon hingga pengamanan di lokasi debat, akan dilakukan rapat koordinasi dengan pihak terkait, pada Jumat, (22/6). Rapat tersebut melibatkan aparat kepolisian, Panwaslu, Sat Pol PP dan Dishub.

Untuk diketahui, debat kandidat akan dipandu presenter salah satu TV swasta, Widia Saputra, dengan panelis Refli Harun, Prof Srisuwitri, Dian Fujinugraha dan Didik Suspyo. (01)

Rekomendasi Berita