oleh

Dua Film Pendek Mura Ikut Ajang ISFF

MUSI RAWAS – Sedikitnya dua film pendek yang mengangkat kearifan lokal dan kebudayaan di Kabupaten Musi Rawas (Mura), akan ikut serta pada ajang Indonesia Short Film Festival (ISFF) Jakarta, yang direncanakan 22 Februari 2019 nanti.

Seperti disampaikan, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Mura, H Amrullah melalui Kabid Kebudayaan Dinas Pariwisata Kabupaten Mura, Hamam Santoso mengatakan ajang festival film pendek tersebut diikuti seluruh komunitas film di Indonesia. Termasuk dari Kabupaten Mura, yang mengusungkan dua filmnya yakni Rejung dan Endang.

Film Rejung bercerita dengan dilagukan khas Mura, dan Endang merupakan film tentang sosok supranatural yang sering dipertunjukkan atau pemain jaranan kuda lumping.

Sedangkan, kedua film pendek yang akan diikutsertakan pada ajang festival itu, mengambil lokasi pembuatan di beberapa tempat, seperti Rejung mengambil tempatnya di Desa Tanah Priuk Kecamatan Muara Beliti dan sekitarnya. Sedangkan Endang rencananya di Desa P1 Purwodadi Kecamatan Purwodadi.

Menurutnya, kedua film pendek yang dipilih itu pihaknya bekerja sama dengan beberapa komunitas teater di Kabupaten Mura. Karena belum pernah diangkat oleh siapapun.

Jadi, dengan adanya film ini bisa terangkat dan diketahui oleh semua orang. Bahwa Rejung itu ada di Mura.

Sementara untuk film Endang, memang adanya di Jawa. Akan tetapi Endang belum pernah diangkat dan dijadikan film.

“Untuk itulah kita mengangkat film Endang, dengan menampilkan kekhasan dan karakter Kabupaten Mura,” kata Hamam Santoso kepada koran ini saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (30/1).

Selain itu, motivasi pihaknya ikut serta dalam ajang festival film pendek di Jakarta itu untuk mengaktifkan kembali pelaku-pelaku teater yang ada di Kabupaten Mura ini.

“Tentunya tujuan kita untuk membangkitkan lagi semangat berkompetisi dibidang perfilman atau teater yang ada di ‘Bumi Lan Serasaran Sekantenan’ ini,” ucapnya. (dlt)

Rekomendasi Berita