oleh

Dua Dusun Belum Teraliri Listrik

CURUP – Program Indonesia Terang Benderang nyatanya masih belum dinikmati seluruh masyarakat, seperti dua dusun di Kabupaten Rejang Lebong yang belum dialiri listrik. Hal ini disampaikan Manajer PT PLN Rayon Curup, Khaidir Nasir kepada wartawan, Kamis (3/1).

Dua dusun yang belum dialiri listrik yakni dusun di Trans Bukit Batu, Desa Bukit Batu Kecamatan Padang Ulak Tanding (PUT) dan Dusun Trans Lubuk Mumpo, Desa Lubuk Mumpo Kecamatan Kota Padang. Masing-masing dusun ditempati puluhan Kepala Keluarga (KK).

Diantaranya Dusun Trans Bukit Batu ada 70 KK dan di Dusun Trans Lubuk Mumpo berkisar 75 KK. Belum teraliri listrik di dua dusun tersebut, disebabkan karena berbagai faktor. Salah satunya akses jalan untuk menuju area tersebut selain jauh juga tidak memungkinkan dilewati kendaraan roda empat untuk mengangkut material seperti tiang listrik.

“Akses jalannya yang masih sulit dilalui kendaraan ukuran besar. Untuk Trans Bukit Batu akses jalannya yang berbukit sehingga sulit dilalui kendaraan besar dan hanya bisa dilalui kendaraan ukuran kecil saja,” katanya.

Sementara itu, untuk di lokasi Trans Lubuk Mumpo berjarak sekitar 5 KM dari jalan besar terkendala adanya warga yang meminta ganti rugi lahannya yang akan dijadikan pemasangan tiang dan jaringan listrik. Sementara PLN tidak memiliki anggaran untuk ganti rugi lahan.

“Kita masih mencari upaya lain agar kedua dusun itu, pada 2019 ini melalui program listrik masuk desa bisa terealisasi,” tambah Khaidir. (sam)

Rekomendasi Berita