oleh

Dua Bulan, 51 Kebakaran Lahan di Lubuklinggau

LINGGAU POS ONLINE – Sejak kemarau terjadi, Agustus dan September di Lubuklinggau sudah terjadi 51 kali kebakaran lahan, dengan jumlah lahan yang terbakar hingga puluhan hektar.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Pendagulangan Bencana (DPKPB) Kota Lubuklinggau Lutfi Ishak menjelaskan sampai dengan 10 September sudah terjadi 45 kali kebakaran. Namun Rabu (11/9/2019) terdata ada 6 titik lokasi kebakaran lahan.

“Kami himbau kepada warga agar jangan sembarangan membuang puntung rokok. Serta melakukan kegiatan yang bisa memacu kebakaran lahan,” ia menjelaskan.

Ia menambahkan petugas pemadam kebakaran selalu siap memadamkan api. Bahkan siaga dalam waktu 24 jam.

Terpisah Observer BMKG Bandara Silampari Fadel Muhammad Madjid menjelaskan kendati banyak kebakaran lahan, namun belum ada kabut asap di Lubuklinggau.

“Untuk Lubuklinggau belum terindikasi adanya kabut asap, khususnya di Bandara Silampari. Biasanya kalau ada asap, langit tampak agak coklat, sesak jika dihirup dan perih pada mata,” jelas Fadel.

Ia menambahkan, untuk dua hari ini memang sedikit awan karena kondisi sedang kering. “Sehingga suhu udara pada malam hari cukup dingin dan siang hari cukup panas dari biasanya,” kata Fadel.(*)
Laporan Endang Kusmadi

Rekomendasi Berita