oleh

Drone Cargo akan Hadir di Bandara Silampari

LINGGAUPOS.CO.ID- Berbagai inovasi dan terobosan terus dilakukan UPT Bandar Udara (Bandara) Silampari dalam memberikan pelayanan prima kepada konsumen transportasi udara. Terbaru UPT Bandar Udara Silampari bersama Perhubungan Udara sedang menjajaki uji coba pemanfaatan drone cargo sebagai jasa layanan angkutan udara.

Kepala Bandara Silampari, Mega Hardiansya didampingi Humas, Bandi mengatakan,”Untuk pemanfaatan drone cargo menjadi opsi yang ideal dalam mengoptimalkan potensi pangsa pasar dan pendapatan kargo udara, terutama dalam menghubungkan wilayah yang ada disekitar Bandar Udara Silampari katanya kepada linggaupos.co.id, Kamis (20/5/2021).

“Kami sambut baik keinginan Perhubungan Udara untuk uji coba drone cargo di Bandar Udara Silampari. Jika itu benar terjadi, maka kita bandar udara pertama kali ada layanan drone cargo di Indonesia,”ungkapnya.

Terobosan brilian ini sudah disampaikan UPT Bandar Udara Silampari kepada Walikota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe dan mendapatkan tanggapan serta dukungan positif. “Bahkan Bapak Gubernur Sumsel, H Herman Deru juga mendukung penggunaan layanan drone cargo di Bandar Udara Silampari. Kami sedang menunggu informasi selanjutnya dari Puslitbang penerbangan untuk uji coba,” katanya.

Sementara itu, berdasarkan data pencarian mengenai drone cargo di beberapa laman berita di media sosial disebutkan, pemanfaatan teknologi drone ini turut menjadikan pelopor pengiriman logistik, khususnya dalam mendukung Sistem Logistik Nasional (Sislognas) melalui optimalisasi konektivitas antara pusat kegiatan ekonomi dengan wilayah yang tersebar luas di Indonesia sekaligus mewujudkan visi jembatan udara yang dicita-citakan pemerintah.

Pemanfaatan drone cargo diharapkan turut mendukung pengembangan sektor industri, perkebunan, pertanian dan akses distribusi kargo udara produk unggulan budidaya lokal. Sebab proses pengiriman yang cepat dan mampu menjangkau daerah dengan kondisi wilayah yang sulit akan membantu pengelolaan komoditas di Indonesia semakin efektif dan efisien.(*)

Rekomendasi Berita