oleh

DPUTR Baru Data Bangunan Langgar RTRW

LINGGAU POS ONLINE – Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kota Lubuklinggau baru akan melakukan pendataan bangunan di Kota Lubuklinggau. Khususnya bangunan yang diindikasi melanggar Peraturan Daerah (Perda) Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW).

Pendataan baru dilakukan mengingat Peraturan Daerah (Perda) RTRW No.01 Tahun 2012 akan direvisi. Kepala DPUTR Kota Lubuklinggau, H Achmad Asril Asri didampingi Kabid Tata Ruang, Anwar Sadat kepada wartawan, Minggu (25/8) DPUTR Kota Lubuklinggau belum melakukan pengendalian secara menyeluruh.

“Pasalnya, sebagian bangunan atau rukan yang berizin sebelum adanya Perda RTRW No.01 Tahun 2012. Tapi tahun ini kita baru lakukan kajian teknis tata ruang,” jelas Anwar Sadat.

Beberapa daerah dalam Kota Lubuklinggau berubah peruntukan, salah satunya di sebagian Kecamatan Lubuklinggau Utara I. Seperti di lahan eks PT Cikencreng, berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) No.1 Tahun 2012 wilayah tersebut untuk perkebunan, namun saat ini berubah menjadi perumahan dan pemukiman.

“Memang ada beberapa daerah yang sudah tidak sesuai peruntukan. Oleh sebab itu, untuk merevisi Perda RTRW bukan hanya tugas DPUTR saja tapi tim,” tegas Anwar Sadat.

Ditambahkan Anwar Sadat, dalam revisi Perda RTRW tersebut juga dibahas terkait industri hilir yang dipusatkan di Kecamatan Lubuklinggau Selatan.

“Makanya tim tersebut dari sebagian Organisasi Perangkat Daerah (OPD), selain itu lurah dan camat kita minta masukan,” tegas Anwar Sadat.(*)

Laporan : Peny Anggraini

Rekomendasi Berita