oleh

DPT Bisa Alami Perubahan

LINGGAU POS ONLINE, KAYU ARA – Ketua KPU Kota Lubuklinggau, Lukman Hakim menjelaskan jumlah pemilih bisa bertambah pasca ditetapkannya Daftar Pemilih Tetap (DPT). Karena berdasarkan jumlah DPT Kota Lubuklinggau dari Pilkada serentak 2018 ke Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden-Wakil Presiden saja, bertambah 4.466 jiwa pemilih.

Menurut Lukman, saat Pilkada Kota Lubuklinggau 27 Juni 2018, DPT yang sudah ditetapkan KPU Kota Lubuklinggau sejumlah 155.153 jiwa. Dan saat dilakukan penetapan jumlah pemilih Pemilu Legislatif dan Pilpres jumlahnya menjadi 159.619 jiwa.

“Kita juga masih membuka ruang untuk masyarakat yang belum terdaftar, segera melapor ke penyelenggara terdekat,” kata Lukman Hakim, Minggu (26/8).

Artinya, jumlah pemilih yang akan terdaftar pasti mengalami peningkatan, karena ruang karena KPU masih membuka ruang untuk masyarakat yang belum terdaftar di DPT. Sebab, hak memilih dan dipilih merupakan hak yang melekat pada setiap diri masyarakat yang sudah berusia diatas 17 tahun atau sudah menikah, dan tidak sedang menjabat sebagai anggota TNI/Polri. Ini berdasarkan Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

Ketua KPU Kabupaten Musi Rawas (Mura), Ach Zaein mengatakan jumlah mengatakan jumlah DPT Kabupaten Mura sebanyak 285.535 jiwa, dengan rincian 145.195 jiwa laki-laki dan 140.340 perempuan.

Jumlah ini juga bisa mengalami penambahan, dikarenakan pelaksanaan Pemilu Legislatif maupun Pilpres dilaksanakan pada 17 April 2019. Artinya, bisa saja jumlah masyarakat yang memenuhi syarat memilih mengalami peningkatan, sebab pelaksanaan pesta demokrasi lima tahunan itu akan dilakukan 7 sampai 8 bulan lagi.

“Data bisa bergerak sewaktu-waktu, dan kami akan terus memantau itu untuk memastikan tidak ada masyarakat yang kehilangan hak pilihnya,” kata Ach Zaein.

Maka dari itu, pihaknya meminta kepada seluruh masyarakat Kabupaten Mura untuk pro aktif melihat pengumuman DPT yang akan dilakukan dalam waktu dekat. Bila belum terdaftar secepatnya melapor ke penyelenggara Pemilu terdekat, baik PPS maupun PPK.(01)

Rekomendasi Berita