oleh

DPRD Dorong Pembentukan BUMDes

LINGGAU POS ONLINE, MUARA BELITI – Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Musi Rawas (Mura), Samsul Bahri mendorong agar setiap desa di Kabupaten Mura mampu mendirikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Karena dari 13 kelurahan dan 186 desa hanya 30 hingga 40 persen kelurahan/desa yang sudah memiliki BUMDes.

Ia mendorong, agar kedepan amanat pasal 87 Undang-Undang (UU) Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, yang menyatakan desa dapat mendirikan BUMDes bisa dilaksanakan oleh pemerintahan desa.

“Karena tujuannya sangat bagus, untuk menyejahterakan masyarakat desa. Saat ini kita lihat, baru beberapa desa saja yang memiliki BUMDes,” kata Samsul Bahri kepada wartawan koran ini, Selasa (26/6).

Politisi Partai Golkar ini menjelaskan, BUMDes dibentuk oleh pemerintah desa untuk mendayagunakan segala potensi ekonomi, kelembagaan perekonomian, serta potensi Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDM) guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa.

BUMDes tidak hanya berorientasi pada keuntungan keuangan, diharapkan dapat mengembangkan unit usaha dalam mendayagunakan potensi ekonomi.

Ia juga menyarankan, ketika ada satu desa yang belum bisa mendirikan BUMdes, pemerintah desa tersebut bisa bekerja sama dengan pemerintah desa lainnya untuk mendirikan satu BUMDes. Tujuannya untuk meningkatkan pendapatan desa serta menyejahterakan masyarakat desa terwujud.

“Kalau ini sudah dilakukan oleh setiap desa di Mura, saya yakin tidak akan ada lagi desa tertinggal,” kata Samsul Bahri.

Dalam mendirikan BUMDes, ia melanjutkan, pemerintah desa tentunya membutuhkan dukungan dari Pemkab Mura. Seperti yang dijelaskan pada pasal 90 UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, Pemkab Mura bisa memberikan hibah atau akses permodalan, atau melakukan pendampingan teknis dan akses ke pasar.

“Terutama dukungan dari Camat. Dukung dan beri motivasi Kades serta masyarakat desa, agar mereka mampu mendirikan BUMDes yang keuntungannya nanti juga untuk meningkatkan kesejahteraan mereka,” jelasnya. (13)

Rekomendasi Berita