oleh

DPR RI Siap Bantu Bibit Ikan Untuk BUMDes

Anggota Komisi IV DPR RI, Fauzih H Amro
” Agustus 2018 mendatang akan ada bantuan bibit ikan, sehingga diharapkan untuk dilakukan penambahan kolam ikan….”

LINGGAU POS ONLINE, NIBUNG – Pemerintah pusat, Melalui DPR RI, akan memberikan bantuan bibit ikan kepada usaha kolam ikan di desa dalam hal ini melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Salah satunya BUMDES Bumi Makmur Kecamatan Nibung Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara).

Hal tersebut disampaikan oleh Anggota Komisi IV DRP RI, Fraksi Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Fauzih H Amro pada saat menghadiri langsung kegiatan peresmian atau launching BUMDes Bumi Makmur. Kecamatan Nibung.

“Kami memberikan apresiasi atas di-launching-nya BUMDes Bumi Makmur berupa kolam ikan yang bertujuan untuk menggali sumber pendapatan bagi desa,” kata dia,Minggu (25/3).

Fauzih menjelaskan, Agustus 2018 mendatang akan ada bantuan bibit ikan, sehingga diharapkan untuk dilakukan penambahan kolam ikan.

“Makin banyak usaha kolam ikan, maka semakin banyak bantuan yang akan disalurkan, dengan harapan akan meningkatkan perekonomian masyarakat,” sebut dia.

Menurutnya, melalui Dana Desa (DD) di mana pembagian 70 % untuk pembangunan dan 30 % untuk Pemberdayaan masyarakat. Dapat memberikan penilaian perekonomian masyarakat sehingga masyarakat akan lebih sejahtera.

Sementara itu, ungkapan yang sama diutarakan oleh anggota DPRD Kabupaten Muratara, I Wayan Kocap.

Mengatakan launching BUMDes Bumi Makmur merupakan perdana di Kabupaten Muratara, untuk itulah diharapkan UMDes Bumi Makmur dapat menjadi pilot project bagi desa-desa lainnya.

Undang-Undang (UU) No. 16 Tahun 2014 tentang Desa jelas sekali agar Pemerintah desa untuk mengatur desanya sendiri. Begitu juga dalam upaya penggalian pendapat desa. Melalui potensi yang ada didesa masing-masing.

“Tahun 2018 ini untuk DD, hampir 175 triliun. Termasuk Di Desa Bumi Makmur, yang harus dikelola dengan baik dan benar oleh Kades,” bebernya.

Dijelaskannya, Bumdes bertujuan memberikan pemasukan desa dengan mengembangkan perekonomian masyarakat lokal.

“Kami sangat mendukung penuh program desa perikanan akan ditindaklanjuti dengan pemberian benih ikan untuk BUMDes Bumi Makmur,” terangnya.(12)

Rekomendasi Berita