oleh

DPMPTSP Diminta Rutin Sosialisasi Mengenai Perizinan

LINGGAU POS ONLINE, MUSI RAWAS – Anggota DPRD Kabupaten Musi Rawas (Mura), Rudi Hartono meminta Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Musi Rawas (Mura) gencar lakukan sosialisasi tentang perizinan. Pasalnya, masih banyak masyarakat yang belum tahu cara mengurus izin, terutama izin usaha sehingga banyak masyarakat yang mendirikan usaha tanpa izin.

Menurut Rudi sapaan akrabnya, saat menemukan adanya pelanggaran hendaknya DPMPTSP tidak langsung memberikan sanksi. Tapi, harus melakukan pembinaan terhadap para pelaku usaha, dengan dilakukan pembinaan, maka pelanggaran yang sama tidak terulang lagi.

“Kedepankan pembinaan ketimbang sanksi,” kata Rudi, Jumat (5/10).

Maka, dirinya memberikan apresiasi terhadap DPMPTSP yang sudah melakukan sosialisasi publikasi pelayanan perizinan dan non perizinan kepada seluruh Kades. Kemudian, Camat dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Mura. Agar, bisa disampaikan ke masyarakat mengenai tata cara mengurus izin, serta usaha apa saja yang harus memiliki izin.

“Semoga dengan sudah dilakukannya sosialisasi itu, masyarakat bisa dapat pencerahan terutama bagi Camat dan Kades,” jelasnya.

Seperti diketahui DPMPTSP sudah melakukan sosialisasi mengenai pelayanan perizinan, sosialisasi tersebut dilakukan di Hotel Burza, Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Watervang, Kecamatan Lubuklinggau Timur I, Kamis (4/1).

Kepala DPMPTSP Mura, Yudi Fachriansyah menjelaskan pihaknya meminta seluruh OPD segera menyampaikan data pelayanan perizinan dan non perizinan yang menjadi urusan Pemkab Mura kepada DPMPTSP. Untuk ditetapkan dalam Peraturan Bupati (Perbup). Kemudian, melakukan sosialisasi ke masyarakat mengenai pentingnya mengurus izin, sebab dengan tingginya minat masyarakat untuk melakukan itu dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). (aku)

Rekomendasi Berita