oleh

DPMD Adakan Bursa Kerja Inovasi Desa 2017

Diapresiasi Mendapat Penghargaan IGA

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Musi Rawas, H Mefta Joni sukses menyelenggarakan kegiatan Bursa Inovasi Desa 2017 di Auditorium Pemerintah Daerah (Pemda), Kelurahan Air Kuti, Kecamatan Lubuklinggau Timur I, Kamis (21/12).

Hadir dalam pembukaan kegiatan Bursa Inovasi Desa 2017, Bupati Musi Rawas H Hendra Gunawan, Kepala DPMD Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) H Yusni, Tenaga Ahli Bidang Inovasi Desa Provinsi Sumsel Candra Gupta, Kepala DPMD Kabupaten Musi Rawas H Mefta Joni, Perwakilan dari Bank Sumsel Babel, Ketua TP PKK Musi Rawas Hj Noviar Marlina Gunawan, Kepala Kementerian Agama Musi Rawas H Hermadi, Wakapolres Musi Rawas, Dandim 0406 MLM, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat, Kepala Desa (Kades), serta tamu undangan yang lain.

Kepala DPMD Kabupaten Musi Rawas, H Mefta Joni mengatakan tujuan diselenggarakannya kegiatan ini untuk mengenalkan inovasi dan kreasi kepada masyarakat.

“Kita ingin menjaring inovasi yang belum didokumenkan, makanya dengan kegiatan ini kita dapat mengetahui, inovasi apa yang sudah dibuat oleh kepala desa serta masyarakat. Nantinya, inovasi tersebut akan dikembangkan lagi,” kata H Mefta Joni kepada Linggau Pos.

Sementara itu, Tenaga Ahli Bidang Inovasi Desa Provinsi Sumsel, Candra Gupta menilai, inovasi di Kabupaten Musi Rawas sudah cukup baik.

“Beberapa waktu lalu saya turun ke lapangan di beberapa desa wilayah Kabupaten Musi Rawas, di mana Kades dan Camat langsung mendampingi setiap kunjungan saya. Saya lihat seluruh desa memiliki kantor, ini sangat berbeda sekali dengan desa yang ada di Kabupaten lain, di mana ada beberapa desa yang tidak punya kantor desa. Hal ini, membuktikan bahwa Musi Rawas masyarakatnya sudah sejahtera,” ungkap Candra Gupta.

Selain itu, Candra Gupta meminta kepada seluruh kepala desa supaya menggunakan dana desa semaksimal mungkin, karena tujuan diberikannya dana desa tersebut untuk mensejahterakan masyarakat.

Kepala DPMD Provinsi Sumsel, H Yusni memberikan apresiasi kepada Bupati Musi Rawas yang baru saja mendapat penghargaan sebagai kepala daerah inovatif.

Penghargaan ini, menurut Yusni harus menjadi contoh dan semangat bagi Kades untuk terus berinovasi dalam membangun desanya.

“Musi Rawas cukup banyak prestasi yang sudah diraihnya, dalam lomba desa dua tahun berturut-turut menang hingga tingkat nasional. Saya sangat bangga sekali, karena Musi Rawas bisa seperti sekarang, bisa menang hingga ditingkat nasional. Karena, yang dinilai oleh tim tersebut adalah inovasi,” imbuhnya.

Bupati Musi Rawas, H Hendra Gunawan mengaku kalau kegiatan Bursa Inovasi Desa ini dilaksanakan terakhir sekali, karena masih menunggu hasil dari penghargaan yang diberikan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Alhamdulillah kita mendapat juara IV untuk tingkat nasional, ini tentu saja sangat membanggakan, karena saingan kita sangat banyak di Indonesia ini. Maka dari itu, kedepan saya ingin Kades terus berinovasi, sehingga Musi Rawas bisa semakin dikenal oleh masyarakat hingga penjuru nusantara,” tutupnya. (12)

Komentar

Rekomendasi Berita